Dilarang! Jangan makan 3 bahan makanan ini dengan roti tawar

Rabu, 17 November 2021 | 10:38 WIB Sumber: Kompas TV
Dilarang! Jangan makan 3 bahan makanan ini dengan roti tawar

ILUSTRASI. Di balik kepraktisan dan kenikmatan roti tawar ternyata bisa berdampak buruk pada tubuh, apabila dikonsumsi terlalu banyak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Roti tawar biasanya menjadi salah satu pilihan alternatif untuk sarapan bagi mereka yang sibuk sehingga tak sempat memasak.

Tak jarang yang mengombinasikan roti tawar dengan berbagai variaasi, seperti selai, susu, buah-buahan, bahkan mentega dan meses.

Di balik kepraktisan dan kenikmatan roti tawar ternyata bisa berdampak buruk pada tubuh, apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Studi pada tahun 2018 misalnya, menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi roti berkaitan erat dengan naiknya risiko hipertensi.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients ini mencangkup 2.011 orang dewasa dengan usia rata-rata 37,1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa roti putih berkontribusi meningkatkan tensi darah.

Baca Juga: 11 Makanan dan minuman yang harus dihindari agar gula darah terkontrol

Temuan lebih detailnya menunjukkan bahwa makan satu potong roti putih sekali atau lebih dalam seminggu, 1,39 kali lebih besar mengalami tekanan darah.

Studi serupa juga dilakukan pada tahun 2014, di mana makan dua porsi atau lebih roti per tiga hari juga berkaitan dengan obesitas.

Bagi yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi roti tawar. Pilihlah jenis roti gandum yang lebih sehat dan kaya serat.

Selain itu, beberapa ahli juga menyarankan untuk tidak memakan roti tawar dengan mentega, susu kental manis, dan gula pasir. Mengapa?

Baca Juga: Aneka resep dan cara membuat teh jahe hangat yang mudah dibuat di rumah

Melansir Pop Grid, Selasa (16/11/2021), tiga bahan tersebut berkaitan dengan efek jangka panjang pada kesehatan yang akan menjadi malapetaka bagi yang mengonsumsi.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru