kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diet Nasi Efektif Menurunkan Berat Badan, Berikut Cara Kerjanya


Senin, 02 Mei 2022 / 07:55 WIB
Diet Nasi Efektif Menurunkan Berat Badan, Berikut Cara Kerjanya
ILUSTRASI. Diet nasi efektif menurunkan berat badan, berikut ini cara kerjanya.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Diet nasi atau mengganti kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi makanan lain selain nasi, sedang ramai di masyarakat. Efektif menurunkan berat badan, berikut ini cara kerja diet nasi.

Selain dipercaya menyehatkan, banyak yang beranggapan diet nasi bisa untuk menurunkan berat badan. Mengutip Healthline, diet nasi adalah diet rendah karbohidrat kompleks, rendah lemak, serta rendah natrium. 

Sebetulnya, metode semacam diet nasi sudah ada sejak 1939. Saat itu populer dengan sebutan The Rice Diet Solution. Metode ini awalnya dikembangkan oleh dokter dari Universitas Duke pada 1939 bernama Walter Kepmner, MD. 

Kemudian, diet nasi kembali populer pada 2006 setelah ahli diet berspesialisasi dalam pencegahan obesitas, penyakit jantung, dan penyakit kronis lain, Kitty Gurkin Rosati membahasnya.

Baca Juga: Terbukti Cegah Lonjakan Gula Darah Tinggi, Cukup Ubah 3 Kebiasaan Ini

Cara kerja diet nasi 

Mengutip Healthline, diet nasi berfokus pada membatasi asupan garam dan makanan tinggi natrium. Tindakan ini akan membantu tubuh Anda menghilangkan kembung dan mengurangi kelebihan berat badan. 

Dalam kombinasi dengan makan makanan rendah sodium, diet juga membatasi lemak jenuh. 

Lantaran membatasi garam dan natrium, porsi ini diganti menggunakan makanan berserat tinggi untuk mengisi energi dan karbohidrat seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sebagai sumber nutrisi utama. 

Selain itu, diet nasi juga memperhatikan asupan kalori, jika Anda berfokus untuk menurunkan berat badan. Menurut WebMD, diet nasi memiliki tiga fase.

Baca Juga: Tidur yang Cukup, Ini 5 Cara Efektif Menurunkan Lemak Perut

Fase pertama, Anda diminta mengonsumsi makanan 800 kalori per hari. Artinya, Anda disarankan untuk memulai dengan tingkat kalori yang lebih rendah dan kemudian menambah kalori secara bertahap. 

Fase kedua, besar kalori yang dikonsumsi menjadi sekitar 1.200 per hari. 

Fase ketiga, besar kalori yang dikonsumsi menjadi sekitar 1.500 kalori per hari jika Anda tidak berolahraga.

Manfaat diet nasi 

Manfaat dari diet ini adalah bisa membantu Anda mempelajari kontrol porsi dan membantu Anda mulai makan lebih banyak buah dan sayuran segar. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Anda Wajib Mengenali biar Semakin Waspada Diabetes

Jenis diet ini mungkin juga sangat membantu bagi seseorang yang memiliki kondisi jantung yang mengharuskan makan makanan yang rendah sodium dan lemak. 

Salah satu manfaat terbesar dari diet nasi adalah menantang gagasan bahwa karbohidrat adalah hal yang buruk. Sebab, begitu banyak diet dan rencana kesehatan yang berfokus pada makan makanan dan makanan rendah karbohidrat. 

Sebenarnya, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara efisien. Otak membutuhkan glukosa untuk digunakan sebagai bahan bakar. 

Sementara diet nasi berfokus pada karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi jalar, atau oatmeal, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti kukis dan keik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Diet Nasi, Metode Efektif untuk Turunkan Berat Badan"

Penulis: Retia Kartika Dewi
Editor: Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×