Penyakit Menular

Di tempat ini, mobilitas penduduk pada Oktober menyamai masa sebelum pandemi

Minggu, 29 November 2020 | 13:27 WIB   Reporter: Thomas Hadiwinata
Di tempat ini, mobilitas penduduk pada Oktober menyamai masa sebelum pandemi

ILUSTRASI. Pengunjung menggunakan masker di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Rabu (25/11). KONTAN/Baihaki/25/11/2020


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mobilitas penduduk di tempat belanja kebutuhan sehari-hari selama bulan Oktober sudah kembali seperti masa sebelum pandemi. Kesimpulan itu muncul jika kita mencermati laporan bertajuk Perubahan Mobilitas Penduduk Bulanan Dibandingkan Posisi Sebelum WFH yang termuat dalam Berita Resmi Statistik terbitan 16 November 2020.

Dalam laporan yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS) itu, indeks perubahan mobilitas penduduk di tempat belanja kebutuhan sehari-hari sebesar 0,3%. Indeks yang positif berarti terjadi peningkatan mobilitas dibandingkan baseline days. Jadi, mobilitas pendudk di tempat belanja kebutuhan sehari-hari selama Oktober bahkan lebih ramai dari masa sebelum pandemi.

Catatan saja, laporan tersebut merangkum data dari Google Mobility Index. Indeks yang disusun Google ini menunjukkan persentase perubahan jumlah atau lama kunjungan seseorang ke beberapa tempat dalam suatu hari dibandingkan dengan hari-hari yang menjadi periode pengukuran, atau baseline days. 

Baca Juga: Studi baru, orang dengan golongan darah O punya risiko lebih rendah tertular corona 

Nah, periode yang digunakan Google sebagai baseline days dalam menghitung Google Mobility Index adalah 3 Januari sampai 6 Februari 2020. Itu adalah periode di mana banyak negara belum melaporkan kasus virus corona. 

Google menggunakan fitur location yang ada di sistim operasi Android untuk mengumpulkan data tentang mobilitas penduduk sedunia di enam kategori tempat. Selain tempat belanja kebutuhan sehari-hari, ada tempat perdagangan dan rekreasi, taman, tempat transit, tempat kerja dan perumahan.

Sesuai dengan kebijakan pembatasan sosial, di antara keenam tempat tersebut, hanya perumahan yang mengalami peningkatan mobilitas dibandingkan baseline days. Sementara kelima tempat lainnya mengalami perubahan penurunan daripada baseline days.

Baca Juga: Wiku Adisasmito pastikan persiapan vaksin untuk penanganan Covid-19 berjalan baik

Namun perubahan mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari, tempat perdagangan, retail dan rekreasi serta taman dibandingkan baseline days semakin menipis selama bulan terakhir. Persentase perubahan untuk ketiga kategori tempat tersebut berada di bawah 20%.

Jika melihat ke data yang lebih rinci, perubahan mobilitas dalam basis harian, tampak bahwa mobilitas penduduk selama masa libur panjang akhir Oktober sudah menyerupai pola di masa sebelum pandemi. Merujuk ke data Google Mobile Index, BPS menyimpulkan perubahan aktivitas di perdagangan retail dan rekreasi memperlihatkan kondisi yang membaik sepanjang Oktober, tetapi masih di bawah kondisi normal.

Lalu berdasarkan data mobilitas di taman, BPS menyebut terjadi lonjakan jumlah kunjungan di masa libur panjang. Aktivitas di taman meingkat hingga 10% pada 28 Oktober, saat perayaan Sumpah Pemuda, yang juga merupakan hari pertama dari masa libur panjang di akhir Oktober.

Editor: Thomas Hadiwinata


Terbaru