kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Angka Berapa Asam Urat Dianggap Berbahaya? Ini 5 Obat Gout Alami


Senin, 10 Juni 2024 / 03:59 WIB
Di Angka Berapa Asam Urat Dianggap Berbahaya? Ini 5 Obat Gout Alami
ILUSTRASI. Kadar asam urat yang normal bisa mencegah beberapa penyakit seperti jantung koroner, batu ginjal, dan kerusakan sendi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Memiliki kadar asam urat yang normal dalam tubuh bisa mencegah kemungkinan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung koroner, batu ginjal, dan kerusakan sendi.  

Kadar asam urat yang tinggi sendiri sering dikaitkan dengan makanan yang mengandung purin tinggi.  

Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan tertentu. Kemudian asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. 

Lantas, apa penyebab asam urat dan berapa batas normal asam urat dalam tubuh?

Penyebab asam urat 

Dokter ahli penyakit dalam sekaligus pendiri Junior Doctors Network (JDN) Indonesia Andi Khomeini Takdir menyampaikan, bahwa asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurangi jumlah purin. 

Purin sendiri bisa ditemukan dari makanan yang dimakan maupun diproduksi secara alami dari dalam tubuh. 

Jika jumlah purin dalam tubuh tidak seimbang dan tubuh tidak bisa mengolahnya dengan baik, maka akan berakibat pada kadar asam urat yang terlalu banyak dan dapat menumpuk di aliran darah tubuh. 

Kondisi asam urat yang terlalu banyak di aliran darah disebut hiperurisemia. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 9 Khasiat Penting

"Asam urat sebenarnya bukan penyakit, tapi yang menjadi penyakit itu adalah ketika asam urat dalam darah tinggi yang menyebabkan hiperurisemia," ungkapnya saat duhubungi Kompas.com, Jumat (17/2/2023). 

Andi mengatakan bahwa hiperurisemia ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asam urat, nyeri sendi, pembentukan batu ginjal hingga menyebabkan kesulitan dalam buang air kecil atau kencing. 

"Penyebab asam urat tinggi itu bisa karena makanan dan asupan yang memiliki kandungan asam urat yang tinggi. Kemudian bisa juga disebabkan karena tingginya gula darah atau diabetes," tambahnya. 

Kadar asam urat normal 

Batas normal untuk kadar asam urat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. 

Untuk perempuan, kadar asam urat normalnya berkisar 2,5-7,5 mg/dL. Sedangkan untuk kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 4,0-8,5 mg/dL. 

Selain itu, untuk seseorang yang sering merasakan nyeri sendi, idealnya mereka harus memiliki kadar asam urat kurang dari 6,0 mg/dL. 

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menandakan jika fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Pantangan Penderita Diabetes, Bisa Picu Gula Darah Tinggi




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×