kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daun pepaya punya 6 manfaat besar bagi tubuh, apa saja?


Jumat, 28 Mei 2021 / 13:22 WIB
Daun pepaya punya 6 manfaat besar bagi tubuh, apa saja?
ILUSTRASI. Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun pepaya merupakan salah satu sayuran yang lazim dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang khas, daun pepaya juga telah lama dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Contohnya, di beberapa daerah di Indonesia, kita mengenal adanya jamu daun pepaya yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. 

Mengutip dari Healthline, beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa daun pepaya memang memiliki potensi farmakologis. 

Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan. 

1. Mengobati demam berdarah 

Salah satu khasiat daun pepaya yang terkenal adalah potensinya untuk mengobati demam berdarah. Seperti dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), demam berdarah merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk. 

Baca Juga: 5 Manfaat singkong untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan

Kasus parah dari infeksi ini dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan. 

Meskipun saat ini belum ada obat untuk demam berdarah, beberapa pengobatan tersedia untuk mengatasi gejalanya, salah satunya daun pepaya. 

Dalam penelitian berjudul “Effect of Carica papaya Leaf Extract Capsule on Platelet Count in Patients of Dengue Fever with Thrombocytopenia”, daun pepaya terbukti dapat meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah. 

Baca Juga: Berasal dari bahan-bahan alami, berikut 6 obat herpes yang bisa Anda jajal

Selain itu, pengobatan dengan daun pepaya terbukti tidak ada efek samping. Jadi, bisa digunakan pada penderita demam berdarah dengue yang mengalami trombositopenia. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×