kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daun jambu biji, obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan penyakit lainnya


Kamis, 09 Juli 2020 / 14:26 WIB
Daun jambu biji, obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan penyakit lainnya
ILUSTRASI. Daun jambu biji, obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan menyembuhkan penyakit lainnya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya. Daun jambu biji, salah satu obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan beberapa penyakit lainnya. 

Sudah bukan hal baru bila daun jambu biji termasuk dalam golongan obat herbal. Sebab, daun jambu biji banyak digunakan dalam pengobatan kuno untuk menyembuhkan berbagai penyakit.  

Baca Juga: Seledri, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Daun jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang memang terkenal memiliki efek penyembuhan. 

Sama dengan buahnya, daun jambu biji juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, misalnya diseduh seperti teh atau dibuat jamu godok. 

Apa saja sih khasiat daun jambu biji untuk kesehatan? Berikut manfaat daun jambu biji sebagai obat herbal. 

Kolesterol tinggi 

Bila Anda rutin mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Demikian menurut penelitian tahun 2010. 

Mengonsumsi buahnya juga memiliki khasiat yang sama karena kandungan lemaknya sangat rendah. 

Diabetes 

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membuatnya jadi buah yang ramah bagi pasien diabetes melitus karena ia memperlambat penyerapan gula dalam darah. 

Sementara itu, ekstrak daun jambu biji terbukti bisa mencegah diabetes. Teh daun jambu biji juga sudah dipasarkan untuk membantu mencegah diabetes. 

Diare 

Meminum air teh daun jambu biji atau mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk kapsul bisa jadi obat diare. 

Penelitian tahun 2008 yang dilakukan pada tikus di laboratorium menunjukkan ekstrak daun jambu biji terbukti memang memiliki kandungan antidiare. 

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun ini mampu menunda terjadinya diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan juga mengurangi keparahan diare. 

Obesitas 

Buah jambu biji memang kaya serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet atau dibuat menjadi suplemen. 

Tetapi ternyata daun jambu biji memiliki manfaat yang hampir sama. Kandungan dalam daun jambu biji menghambat pati kompleks diubah menjadi gula. 

Dalam tubuh gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini yang menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu biji. 

Kanker lambung 

Ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan antikanker dan antitumor, misalnya likopen, quercetin dan vitamin C yang akan bekerja sebagai antioksidan dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh. 

Penelitian tahun 2011 menunjukkan, saat ekstrak daun jambu biji rutin dikonsumsi ternyata bisa memicu sel kanker lambung menyerang dirinya sendiri. 

Kanker prostat 

Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker oral. Likopen bekerja dengan menghambat produksi androgen, hormon pria yang bisa memicu pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.(Lusia Kus Anna) 

Baca Juga: Tidak ingin asam urat kambuh lagi, begini cara mengontrol kadar purin dalam tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Daun Jambu Biji, Atasi Diare Sampai Kanker", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×