Penyakit Menular

Dapat suntikan vaksin Covid-19 saat menstruasi, amankah?

Rabu, 26 Mei 2021 | 14:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dapat suntikan vaksin Covid-19 saat menstruasi, amankah?

ILUSTRASI. Vaksinasi Covid-19 aman dilakukan saat siklus menstruasi terjadi. KONTAN/Fransiskus SImbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, ada banyak orang yang mendapat suntikan vaksin Covid-19. Tidak terkecuali para wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi. Pertanyaannya, apakah mendapat vaksin Virus Corona aman dilakukan saat siklus menstruasi berlangsung?

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), vaksin Covid-19 tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap siklus menstruasi yang sedang Anda jalani. Bahkan, sudah ada banyak wanita berusia lebih dari 18 tahun yang mendapat vaksin.

Siklus menstruasi tidak berpengaruh terhadap sistem imun tubuh saat diberi vakksin. Namun, memang ada sedikit pengaruh terhadap efek samping vaksin Covid-19 yang Anda alami saat menstruasi terjadi.

Melansir Pharmeasy, vaksin Covid-19 juga tidak memengaruhi siklus menstruasi Anda. Jangan panik jika siklus menstruasi Anda kebetulan terganggu setelah mendapat vaksin. Bisa saja gangguan itu muncul karena Anda sedang stres atau mengalami gangguan kesehatan yang lain.

Baca Juga: Krisis vaksin Covid-19 di Taiwan, China tawarkan bantuan

Jadi, jangan ragu untuk segera mendapat vaksin Virus Corona. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih kuat terhadap serangan virus tersebut. Meski tidak dapat benar-benar membunuh virus, tubuh Anda membutuhkan vaksin supaya tingkat keparahan infeksi dapat turun.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mendapat suntikan vaksin Covid-19 dan bersamaan dengan siklus menstruasi. Dehidrasi dapat memperparah kram perut akibat menstruasi dan efek samping vaksin Covid-19.

Baca Juga: Hindari pembatasan Covid-19, pasangan India gelar pernikahan di udara

Sebaiknya, minum banyak air putih agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan hingga mengalami dehidrasi. Apalagi saat cuaca di lingkungan tempat tinggal Anda sedang panas. Cobalah untuk minum air putih dua kali lebih banyak daripada biasanya agar tubuh Anda tetap kuat.

Anda tidak perlu panik saat mengalami beberapa efek samping setelah mendapat suntikan vaksin. Misalnya, sakit kepala, rasa nyeri di sekitar bekas suntikan, demam, nyeri otot, dan lain sebagainya. Dalam jangka waktu singkat, efek samping itu bisa hilang sehingga tubuh Anda kembali sehat.

Selanjutnya: Penerima vaksin Covid-19 di Korea Selatan akan diizinkan beraktivitas tanpa masker

Editor: Belladina Biananda
Terbaru