kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar makanan yang bisa meredakan derita hernia


Rabu, 18 Agustus 2021 / 11:10 WIB
Daftar makanan yang bisa meredakan derita hernia
ILUSTRASI. Makanan yang harus dikonsumsi penderita hernia. FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani/Koz/hp/10.


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Hernia merupakan kondisi yang terjadi saat bagian atas perut menonjol melalui otot besar yang memisahkan perut dan dada (diafragma), dikutip dari Healthline.  

Diafragma memiliki lubang kecil (hiatus) yang dilewati saluran makanan (kerongkongan) sebelum terhubung ke perut. Pada kasus hernia, perut mendorong ke atas melalui lubang tersebut dan masuk ke dada. 

Bagi para penderita hernia, ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi. Dilansir dari berbagai sumber, ada 5 makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hernia. Berikut penjelasannya. 

1. Air Putih

Air putih juga menjadi salah satu minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita hernia. Hal ini karena air putih akan membantu melancarkan sistem peredaran darah dan melancarkan sistem pencernaan. 

Baca Juga: 3 Kiat untuk menurunkan berat badan, gampang dilakukan!

2. Susu

Penderita hernia bisa mengonsumsi susu setiap hari, hal ini karena susu mengandung khasiat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi susu 1 gelas setiap hari akan meredakan rasa nyeri akibat hernia baik di usus maupun di perut.  

3. Sayuran (brokoli, kubis, dan labu)

Sayuran adalah makanan yang tinggi akan serat. Sayuran yang dikonsumsi dapat melancarkan pencernaan dan sembelit yang akan memperparah keadaan hernia. Selain itu sayuran hijau juga dapat memperkuat otot-otot yang mendukung dan melindungi organ-organ dalam ketika kalian menderita hernia.

4. Buah (alpukat, nanas, dan pisang)

Tentu saja buah juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hernia. Mengonsumsi buah membantu meringankan peradangan, nyeri, dan pembengkakan yang disebabkan oleh gangguan hernia. 

Baca Juga: 3 Minuman herbal perontok asam urat tinggi yang bisa dibuat sendiri di rumah

5. Teh Hijau

Menjadi salah satu teh kesehatan, ternyata teh hijau juga mampu mengatasi sakit hernia. Kandungan teh hijau mampu menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh hernia. Selain itu teh hijau juga menjadi salah satu teh yang mampu mengobati sakit pada hernia.

Berikut adalah 5 makanan yang baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menderita hernia. Selain memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi, Anda juga wajib memperhatikan makanan yang perlu dihindari ketika mengalami sakit hernia.

Selanjutnya: Khusus tempat snack, katalog promo Tupperware Agustus 2021 beri diskon hingga 15%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×