kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Covid-19 belum berakhir, inilah daftar sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Rabu, 21 April 2021 / 05:27 WIB
Covid-19 belum berakhir, inilah daftar sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh
ILUSTRASI. Covid-19 belum berakhir, inilah daftar sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Meski sudah ada vaksin Covid-19, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus corona. Konsumsi sejumlah sayuran yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 harus diperbanyak.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Saat sistem imunitas dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang suatu penyakit. Termasuk dari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Maka dari itu, agar tubuh kebal terhadap penyakit, sistem imun atau daya tahan tubuh harus terus dijaga dan ditingkatkan. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Baca juga: Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat melawan virus corona meski berpuasa

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menjaga imunitas atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi sayuran tertentu. Berikut ini adalah beragam sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dipilih:

1. Paprika merah

Jika di buah-buah ada buah jeruk sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Di kubu sayuran, ada paprika sebagai bahan makanan yang menyediakan banyak vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Melansir Health Line, jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Satu ons paprika merah bisa mengandung 127 mg vitamin C. Kandungan vitamin C ini telah terbukti dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Vitamin C juga bisa berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain banyak mengandung vitamin C, paprika merah termasuk makanan sumber senyawa beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten dari paprika ini dapat diubah menjadi vitamin A, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh.

Perlu diingat, kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini adalah dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menjaga lebih banyak nutrisi dalam makanan. Anda bahkan bisa mengonsumsi brokoli hanya dengan membersihkannya terlebih dahulu.




TERBARU

[X]
×