CLOSE [X]

Coba 6 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami, Ampuh!

Jumat, 15 Juli 2022 | 11:44 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Coba 6 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami, Ampuh!

ILUSTRASI. Cara menyembuhkan flu.


KONTAN.CO.ID - Flu atau pilek adalah gangguan penyakit yang disebabkan oleh virus di saluran pernapasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada bebepara cara alternatif menyembuhkan flu secara alami yang ampuh dan patut untuk dicoba.

Terdapat beberapa gejala yang sering ditimbulkan flu, di antaranya hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit menelan, suara serak, batuk dan masih banyak lagi gejala flu lainnya. 

Virus yang menyebabkan flu sangat mudah menular terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mempunyai beberapa gejala serupa dengan flu.

Baca Juga: Jadwal Final Piala Presiden Leg 2 Borneo FC VS Arema FC, Catat!

Melansir dari Everyday Health, terdapat beberapa cara efektif menyembuhkan flu secara alami. Di antaranya sebagai berikut: 

Berkumur Air Garam 

Selain beristirahat yang cukup, berkumur dengan air garam juga bisa menjadi alternatif meredakan flu. Hal tersebut dikarenakan berkumur dengan air garam mampu mengurangi pembengkakan di tenggrokan dan menghilangkan bakteri atau virus yang menempel. 

Permen Pereda Tenggorokan yang Mengandung Zinc

Jika tenggorokan Anda terasa tidak nyaman saat flu, mengkonsumsi permen pereda tenggorokan yang mengandung zinc bisa menjadi solusi. Zinc dapat membantu meningkatkan kekebalan, yang dapat mempersingkat durasi atau tingkat keparahan flu.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Mampu Melancarkan Pencernaan

Tidur

Tidur merupakan salah satu cara meredakan flu yang bisa dibilang efektif. Tubuh yang sedang tidak sehat membutuhkan waktu istirahat yang ekstra, oleh karena itu tidur menjadi solusi pertama menyembuhkan flu secara alami. 

Memperbanyak Minum Air Putih 

Asupan cairan yang cukup bisa membantu menyembuhkan flu. Jika tubuh mengalami dehidrasi, flu cenderung lebih sulit sembuh. 

Hal tersebut dikarena sistem kekebalan tubuh tidak berjalan maksimal, sehingga virus yang mengebabkan flu tidak cepat teratasi.

Mengkonsumsi Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya hangat dan menenangkan tetapi bisa meredaka flu loh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics menemukan bahwa senyawa dalam sup ayam yang disebut carnosine dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan flu di masa-masa awal. 

Selain itu, dilansir Everyday Health sebuah penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Chest, menunjukkan bahwa sup ayam memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Baca Juga: Nafsu Makan Berkurang? Catat 6 Gejala Penyakit Ginjal Ini

Mandi Air Hangat

Cara menyembuhkan flu selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Pasalnya, Mandi air hangat dalam waktu lama dapat membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membantu membersihkannya dari lendir dan bakteri.

Jika flu belum bisa membaik, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter agar flu bisa segera  diobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru