Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasi Tanpa Obat

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:15 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasi Tanpa Obat

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasi Tanpa Obat. KONTAN/Muradi/01/08/2010


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri penyakit vertigo dan penyebabnya. Simak pula cara mengatasi penyakit vertigo tanpa obat sebagai pertolongan darurat.

Mengenali ciri-ciri dan cara mengatasi penyakit vertigo penting. Pasalnya, penyakit vertigo bisa datang tak terduga dan mengganggu aktivitas.

Vertigo adalah sensasi rasa tidak seimbang yang akan membuat Anda merasa seperti sedang berputar atau sekeliling Anda berputar. 

Serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau mungkin berlangsung lebih lama. Hal ini dapat membuat Anda terganggu dan tidak nyaman.  

Penyebab vertigo dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Penyebab vertigo sentral adalah gangguan pada sistem saraf pusat.  

Sementara, penyebab vertigo perifer adalah masalah pada organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam. Vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi.  

Baca Juga: 4 Obat Vertigo Alami yang Efektif Meredakan Gejala Vertigo

Ciri-ciri penyakit vertigo

Ciri-ciri yang umum terjadi saat seseorang mengalami vertigo adalah pusing berputar yang diikuti dengan telinga berdengung. Hal ini bisa memicu mual dan muntah. 

Jika kondisi ini dibiarkan berlanjut, pengidap vertigo bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri.  

Apabila telah berbaring dan menutup mata, pengidap juga akan tetap merasa tubuhnya berputar dan rasa berdebar hingga dapat memicu pingsan. Serangan awal vertigo biasanya berlangsung selama beberapa jam saja.

Namun, jika tidak segera ditangani, vertigo akan selalu kambuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke.  

Berikut beberapa ciri-ciri dan gejala ketika Anda mengalami vertigo.  

1. Rasa pusing yang berputar, atau sekeliling terlihat bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat Anda masih dalam keadaan diam

2. Adanya gerakan mata abnormal yang disebut nistagmus

3. Mual dan muntah

4. Sakit kepala

5. Berkeringat

6. Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran  

7. Anggota tubuh terasa lemah  

8. Penglihatan berbayang  

9. Kesulitan berbicara  

10. Pergerakan mata yang tidak normal  

11. Penurunan kesadaran  

12. Respon melambat  

13. Kesulitan berjalan  

14. Demam  

Perlu diketahui, vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu masalah kesehatan pada tubuh. Vertigo bisa muncul sebagai tanda penyakit tertentu.   

Baca Juga: Penderita Penyakit Liver Harus Menghindari 5 Makanan Ini

Maka dari itu, penanganan vertigo dilakukan tergantung pada penyakit yang menjadi penyebabnya. Beberapa kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan, karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam.   

Penanganan vertigo juga bisa dilakukan di rumah selama gejala masih belum parah. Pengobatan rumahan dilakukan dengan pijatan ringan di sekitar area kepala, minum teh jahe, konsumsi kacang almond, atau konsumsi campuran cuka apel dengan madu.

Cara mengatasi vertigo

Mengutip Kompas.com, berikut beberapa cara mengatasi vertigo tanpa obat:

1. Manuver Epley

Cara pertama mengatasi vertigo tanpa obat adalah melakukan manuver epley. Manuver Epley adalah pertolongan pertama pada pasien yang mengalami vertigo. Latihan ini juga disebut sebagai reposisi "canalith".

Sejumlah gerakan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. Duduk tegak di permukaan yang datar dengan bantal yang ada di belakang dan kaki direntangkan.

Putar kepala 45 derajat ke kanan, cepat-cepat berbaring dan letakkan kepala di atas bantal. Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik. Perlahan putar kepala ke kiri 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher.

Libatkan seluruh tubuh, putar ke kiri sehingga tubuh berada di sisi kiri. Perlahan kembali ke posisi semula, lihat ke depan dan duduk tegak. Beberapa orang mungkin membutuhkan bantuan yang lain untuk melakukan manuver Epley. Langkah ini dapat dilakukan tiga kali sampai vertigo terasa sudah mulai reda.

2. Manuver Semont-Toupet

Cara kedua mengatasi vertigo tanpa obat adalah melakukan manuver semont-toupet. Meski kurang dikenal, namun beberapa peneliti membuktikan cara ini dalam mengatasi vertigo.

Manuver Semont-Toupet mirip dengan Epley, tetapi membutuhkan sedikit fleksibilitas leher. Mulailah duduk tegak di permukaan yang datar dengan bantal di bagian kepala dan kaki direntangkan.

Berbaring putar ke kanan, dan lihat ke sisi kiri, kemudian lihat ke atas. Cepat duduk dan putar ke sisi kiri, jaga agar kepala tetap menghadap ke kiri. Kemudian lakukan gerakan dengan melihat ke bawah. Perlahan kembali ke posisi semula, lihat ke depan dan duduk tegak.

3. Latihan Brand-Darrof

Cara ketiga mengatasi vertigo tanpa obat adalah melakukan latihan Brand-Darrof. Latihan satu ini paling direkomendasikan bagi penderita vertigo untuk dilakukan di rumah.

Mulailah duduk di sisi kasur atau sofa dengan kaki yang menjuntai seperti duduk di kursi. Putar kepala ke arah kiri, lalu baringkan kepala dan badan ke bawah sisi kanan. Usahakan kaki tidak bergerak.

Tahan di posisi ini selama 30 detik, kemudian duduk kembali, putar kepala kembali ke posisi tengah. Ulangi latihan ini di sisi berlawanan dan lakukan 5 kali pengulangan.

Sebagai langkah pencegahan vertigo, latihan ini bisa dilakukan 3 kali dalam sehari dan dilakukan dua kali seminggu.

4. Ginkgo biloba dan suplemen lainnya

Cara keempat mengatasi vertigo tanpa obat adalah konsumsi ginkgo biloba dan suplemen. Bila vertigo sering kambuh, mungkin dapat dipertimbangkan untuk mengonsumsi ginkgo biloba.

Biasanya ginkgo biloba dapat dibeli dalam bentuk suplemen kapsul atau cair. Mengonsumsi 240 miligram ginkgo biloba setiap hari dapat mengurangi gejala vertigo dan membuat tubuh lebih seimbang.

Selain itu, perhatikan pula asupan vitamin D yang cukup. Sebab, orang yang mengalami kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala vertigo.

5. Kelola stres

Cara kelima mengatasi vertigo tanpa obat adalah mengelola stress. Stres bisa menjadi pemicu vertigo. Mengembangkan strategi koping untuk mengelola stres dapat mengurangi tingkat kekambuhan.

Cara yang cukup mudah untuk diterapkan adalah dengan berlatih meditasi atau teknik pernapasan.

6. Latihan yoga dan tai chi

Cara keenam mengatasi vertigo tanpa obat adalah latihan yoga dan tai chi. Kedua jenis olahraga ini dapat mengurangi tingkat stres sekaligus membantu tubuh meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Dengan berlatih yoga atau tai chi, manfaatnya dapat mencegah vertigo kambuh di waktu yang tak terduga.

7. Tingkatkan kualitas tidur

Cara ketujuh mengatasi vertigo tanpa obat adalah meningkatkan kualitas tidur. Vertigo sangat mudah menyerang ketika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk dan juga stres. Untuk itu, perhatikan kondisi tubuh dan kualitas tidur yang cukup di malam hari untuk mencegah vertigo kembali kambuh.

8. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara kedelapan mengatasi vertigo tanpa obat adalah minum air dalam jumlah cukup. Dehidrasi juga menjadi pemicu vertigo. Cara terbaik untuk mengatasi dan mencegahnya kembali kambuh adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Pantau asupan cairan setiap hari, pertimbangkan pula lingkungan sekitar yang sekiranya terlalu panas, lembap yang membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Segera konsumsi banyak air untuk segera mengatasi dehidrasi.

Itulah ciri-ciri vertigo, penyebab dan cara mengatasinya secara alami tanpa obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru