Ciri-Ciri Usus Buntu Yang Harus Dioperasi & Makanan Menyembuhkan Usus Buntu

Jumat, 16 September 2022 | 07:21 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Ciri-Ciri Usus Buntu Yang Harus Dioperasi & Makanan Menyembuhkan Usus Buntu

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Usus Buntu Yang Harus Dioperasi & Makanan Menyembuhkan Usus Buntu


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri penyakit usus buntu yang harus segera dioperasi. Setelah operasi, sejumlah bahan makanan perlu dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan usus buntu.

Ciri-ciri usus buntu penting dikenali setiap orang tua. Pasalnya, usus buntu sering terjadi pada anak-anak. Meski demikian, tak jarang pula orang dewasa yang mengalami penyakit usus buntu.

Diberitakan Momsmoney.id, usus buntu adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Melansir Medicine Net peradangan pada usus besar ini sering dikaitkan dengan diare, sakit perut kembung dan juga buang air besar berdarah.

Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, infeksi, kekruangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohns’s disease, ulcerative colitis),reaksi alergi dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen.

Dilansir dari Kompas.com, ketika usus buntu pecah, bakteri, nanah, kotoran dari usus buntu bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi parah. Berikut beberapa ciri-ciri usus buntu pecah dan penderita perlu segera diberikan pertolongan medis di rumah sakit untuk dioperasi.

Baca Juga: 4 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Usus Buntu

Ciri-ciri penyakit usus buntu pecah dan harus dioperasi

Ada beberapa gejala dan ciri-ciri usus buntuk pecah yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Sakit perut sangat parah

Ciri-ciri usus buntu pecah dan butuh dioperasi adalah sakit perut sangat parah. Dilansir dari Healthline, penyakit usus buntu biasanya memiliki gejala sakit perut yang bertahap.

Rasa sakitnya berupa nyeri seperti terkena benda tumpul, kram, baru nyeri hebat. Ketika peradangan memburuk dan usus buntu pecah, rasa sakit perut yang parah bakal terasa di sekujur perut, terutama di perut bagian bawah kanan. Saking nyerinya, terkadang rasa sakit dari perut juga menjalar ke panggul dan punggung bawah.

  • Demam tinggi dan menggigil kedinginan

Ciri-ciri lain usus buntu pecah dan butuh dioperasi adalah demam tinggi dan menggigil kedinginan. Gejala awal usus buntu biasanya terjadi demam ringan dengan suhu tak lebih dari 38 derajat Celsius. Namun, ketika usus buntuk pecah, infeksi bisa menyebabkan penderita mengalami demam tinggi dengan suhu di atas 38,3 derajat Celsius.

Dalam kondisi demam tinggi ini, penderita juga sering merasakan menggigil kedinginan dan denyut jantung naik atau jantung berdebar-debar.

  • Gangguan pencernaan sampai tidak bisa kentut

Ciri-ciri usus buntu pecah lainnya dan harus segera dioperasi yakni gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare parah. Selain itu, penderita juga mengalami susah kentut atau tidak bisa mengeluarkan gas dari tubuh karena sebagian usus tersumbat.

Jika Anda mendapati gejala usus buntu pecah di atas, jangan tunda membawa penderita ke rumah sakit. Dokter biasanya menyarankan penderita untuk menjalani operasi usus buntu.

Ciri-ciri usus buntu pecah di atas bisa muncul selang dua hari sejak gejala usus buntu awal terasa. Di antaranya demam ringan, mual dan muntah, sakit perut terutama di sekitar pusar dan menjalar ke kanan bawah, dan begah. Ingat, jangan sampai terlambat ditangani karena risikonya penderita bisa mengalami sepsis atau infeksi meluas ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Waspada 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Anggap Sepele!

Makanan untuk mengatasi usus buntu

Momsmoney.id memberitakan ada beberapa makanan yang dikatakan baik untuk kesehatan penderita inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus. Makanan-makanan ini dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dan mempertahankan kondisi usus yang sehat.

1. Buah Naga

Makanan pertama untuk mengatasi usus buntu adalah buah naga. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam buah naga ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda. 

Memiliki tekstur yang lembut menjadikan buah ini cocok bagi penderita usus buntu. Selain itu, buah naga ini juga rendah kalori serta mengandung serat, mineral, antioksidan, dan juga vitamin yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh anda.

2. Buah Melon

Makanan kedua untuk mengatasi usus buntu adalah buah melon. Buah yang identik dengan warna hijau ini selain memiliki rasa yang enak, namun juga terdapat kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk anda yang menderita penyakit usus buntu, buah melon bisa menjadi alternatif buah-buahan yang dapat dikonsumsi. 

3. Buah Apel

Makanan ketiga untuk mengatasi usus buntu adalah buah apel. Buah apel ini memiliki manfaat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. 

Sehingga mengonsumsi buah apel ini dapat juga mencegah sembelit. Organ usus biasanya akan menjadi lebih bersih dengan mengonsumsi buah apel pasca operasi usus buntu.

4. Buah Tomat

Makanan keempat untuk mengatasi usus buntu adalah buah tomat. Memiliki banyak kandungan vitamin dan juga tinggi serat, buah tomat ini menjadi salah satu rekomendasi buah yang harus dikonsumsi oleh penderita usus buntu.  Tidak hanya itu saja, kandungan air serta teksturnya yang lunak pun ada pada buah tomat yang masih tergolong sayuran ini.

5. Buah Pir

Makanan kelima untuk mengatasi usus buntu adalah buah pir. Untuk yang baru saja menjalani operasi usus buntu, buah pir ini sangat aman dikonsumsi. 

Apabila anda ingin cepat sembuh dari penyakit usus buntu ini, buah pir dapat dijadikan sebagai salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Kandungan tinggi serat yang ada pada buah pir ini siap memperlancar pencernaan dan juga BAB.

 Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Murbei, Baik untuk Mata sampai Membuat Awet Muda

Selain itu, serat yang ada pada buah pisang ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Hal tersebut tentu saja membuat pisang akan dapat membantu kelancaran proses penyembuhan penyakit usus buntu ini secara cepat.

Itulah ciri-ciri usus buntu yang harus segera dioperasi dan bahan makanan untuk membantu menyembuhkan usus buntu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru