kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah, Cek Cara Meredakan Maag Dengan Obat & Alami


Rabu, 15 Februari 2023 / 06:51 WIB
Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah, Cek Cara Meredakan Maag Dengan Obat & Alami
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah, Cek Cara Meredakan Maag Dengan Obat & Alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri penyakit maag akut atau maag yang sudah parah. Anda juga perlu tahu bagaimana cara meredakan maag, baik menggunakan obat maupun tanpa obat.

Ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah penting untuk diketahui. Pasalnya, banyak yang meremehkan penyakit maag.

Mengetahui ciri-ciri penyakit maaf yang sudah parah bermanfaat untuk mencegah pembengkakan lapisan lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan membuat aktivitas seseorang terganggu.

Ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah

Healthline, maag yang sudah parah tidak selalu menimbulkan gejala atau ciri-ciri tertentu. Namun, kebanyakan orang yang dengan maag sudah parah menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Nyeri perut bagian atas
  • Perut bagian atas terasa penuh setelah makan
  • Kembung
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Tinja hitam

Orang yang merasakan kondisi di atas sebaiknya waspada karena bisa saja merupakan ciri-ciri maag yang sudah parah. Hubungi dokter jika mengalami gejala umum maag akut selama seminggu atau lebih, terlebih jika Anda sampai mengalami muntah darah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai

Cara meredakan maag

Cara meredakan maag akut bisa dilakukan dengan obat dan secara alami. Merujuk Healthline, berikut cara meredakan maag akut atau yang sudah parah:

1. Gunakan obat antasida

Cara meredakan maag yang sudah parah adalah dengan minum obat antasida. Antasida adalah salah satu jenis obat yang paling umum digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti asam lambung kronis (GERD) dan maag.

Contoh obat-obatan antasida untuk meredakan maag antara lain Pepto-Bismol dan TUMS.

2. Konsumsi obat untuk mengurangi dan menghambat produksi asam lambung

Cara meredakan maag yang sudah parah lainnya adalah dengan konsumsi obat penurun atau penghambat produksi asam lambung.

Untuk diketahui, maag akut dapat disebabkan oleh cairan asam dari pencernaan yang mengiritasi lambung. Karena itu, penderita maag akut mungkin memerlukan obat-obatan untuk mengurangi dan menghambat produksi asam lambung.

Contoh obat-obatan untuk mengurangi produksi asam lambung yaitu famotidine (pepcid) dan cimetidine (tagamet). Sementara itu, obat yang bisa digunakan untuk menghambat produksi asam lambung misalnya, omeprazole (prilosec) dan esomeprazole (nexium).

3. Konsumsi obat antibiotik

Cara lain meredakan maag yang sudah parah adalah minum obat antibiotik. Namun Anda harus konsultasi dengan dokter perlu tidaknya konsumsi antibiotik

Obat-obatan golongan antibiotik dapat digunakan apabila penyebab maag akut adalah infeksi bakteri, seperti H. pylori. Antibiotik umum yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri H. pylori misalnya amoksisilin, tetrasiklin (untuk usia di atas 12 tahun), dan klaritromisi.

Antibiotik bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan untuk mengurangi atau menghambat produksi asam lambung dan antasida. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat antibiotik. Konsumsi obat antibiotik secara sembarangan tanpa petunjuk dari dokter bisa menyebabkan resistensi antibiotik. Kondisi ini membuat penyakit infeksi bakteri susah diobati.

4. Perubahan gaya hidup

Kemudian, cara meredakan maag yang sudah parah tanpa obat adalah mengubah gaya hidup. Perubahan gaya hidup merupakan cara mengatasi maag akut secara alami yng bisa Anda upayakan.

Berikut beberapa gaya hidup yang sebaiknya Anda lakukan agar sembuh dari maag akut:

  • Membatasi atau menghindari minuman beralkohol dan asupan berkaefein
  • Menghindari makanan pedas, gorengan, dan asam
  • Makan dalam porsi sedikit, namun sering
  • Kurangi stres
  • Hindari obat-obatan yang dapat mengiritasi lapisan lambung, seperti NSAID atau aspirin.

5. Gunakan cengkeh

Selanjutnya, cara meredakan maag yang sudah parah secara alami adalah menggunakan cengkeh. Menurut penelitian yang diterbitkan di The Original Internist, ada beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati maag akut, salah satunya adalah cengkeh.

Minyak cengkeh berfungsi untuk mengaktifkan produksi dan sekresi enzim pencernaan, sehingga memastikan proses pencernaan berjalan dengan lancar. Cengkeh juga mencegah iritasi perut, kembung, hingga mual.

Ada beberapa cara untuk mengatasi maag akut, mulai dari penggunaan obat-obatan, perubahan gaya hidup, hingga memanfatkan tanaman herbal seperti cengkeh. Tapi, penderita maag akut sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui pengobatan atau perawatan paling tepat untuk mengatasi kondisinya.

Itulah ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah dan cara meredakan maaf menggunakan obat maupun alami. Sebelum minum obat, konsultasikan dengan dokter Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Mengatasi Maag Akut dengan Obat dan secara Alami", dan "7 Ciri-ciri Maag Akut yang Pantang Disepelekan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×