Ciri-Ciri Kolesterol yang Harus Diwaspadai Serta Cara & Obat Alami Untuk Menurunkan

Senin, 05 September 2022 | 10:31 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Ciri-Ciri Kolesterol yang Harus Diwaspadai Serta Cara & Obat Alami Untuk Menurunkan

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Kolesterol yang Harus Diwaspadai Serta Cara & Obat Alami Untuk Menurunkan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ciri-ciri kolesterol tinggi yang sering dialami banyak orang adalah pusing di kepala belakang. Selain itu, ada ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

Terutama bagi anak muda, karena sekarang kolesterol tinggi tidak hanya menyerang orang tua. Pola makan yang tidak memperhatikan gizi menyebabkan banyak anak muda mengalami kolesterol tinggi.

Padahal, seperti dilansir dari Kompas.com, banyak orang memiliki kolesterol tinggi namun mereka tidak menyadarinya. Padahal jika tidak segera diobati, kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengecek kadar kolesterol Anda.

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Agar Anda tidak mengalami komplikasi serius akibat kolesterol tinggi, lakukan pengecekan jika merasakan ciri-ciri berikut:

1. Benjolan kuning di mata

Ciri-ciri pertama kolesterol tinggi adalah munculnya benjolan kuning di mata. Benjolan kuning di mata terbentuk dari timbunan lipid (lemak) yang terlokalisasi di bawah kulit, terutama di sekitar mata dan kelopak mata. Kondisi tersebut sering dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi, yang juga menjadi tanda awal penyakit jantung. Jika Anda memiliki benjolan kuning di mata, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

2. Lemak perut

Ciri-ciri kedua kolesterol tinggi adalah munculnya lemak perut. Sejak dahulu, obesitas perut selalu dikaitkan dengan diabetes dan kolesterol tinggi.

Ahli kesehatan menyebut hal tersebut dengan istilah sindrom metabolik, yang merupakan tanda rendahnya kolesterol baik dalam tubuh. Sindrom metabolik merupakan salah satu faktor kuat yang memicu penyakit jantung.

3. Napas pendek

Ciri-ciri ketiga kolesterol tinggi adalah napas pendek. Sesak napas adalah tanda dari penyumbatan arteri koroner. Selain sesak napas, hal tersebut juga ditandai dengan gejala nyeri dada.

Cara menurunkan kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda bisa melakukan cara berikut:

1. Hindari lemak trans dan lemak jenuh

Cara pertama menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah menghindari lemak trans dan lemak jenuh. Mengonsumi makanan yang mengandung lemak jenuh atau trans dapat meningkatkan kadar kolesterol.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengurangi asupan lemak jenuh hingga kurang dari 6 persen dari kalori harian Anda.

2. Konsumsi banyak serat larut

Cara kedua menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah konsumsi banyak serat. Meningkatkan asupan serat larut harian Anda dapat menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Mengonsumsi suplemen psyllium dan makan oatmeal untuk sarapan adalah cara mudah untuk meningkatkan jumlah serat larut yang Anda konsumsi setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat yang lebih tinggi.

3. Rutin olahraga

Cara ketiga menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah rutin olahraga. Kelebihan berat badan merupakan tanda bahwa kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi.

Latihan kardiovaskular dapat membantu menjaga berat badan Anda pada kisaran yang sehat. Jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang merupakan olahraga yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama jika Anda melakukannya tiga kali seminggu atau lebih.

Obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi

Diberitakan Momsmoney.id, ternyata ada banyak obat alami kolesterol tinggi di sekitar kita. Obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi tersebut antara lain: 

Bawang putih

Obat alami kolesterol tinggi yang pertama adalah bawang putih. Bahan dapur untuk obat kolesterol yang pertama adalah bawang putih.

Makan bawang putih mentah diketahui dapat membantu mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi timbunan plak pada arteri sehingga mencegah resiko penyakit jantung.

Beras ragi merah

Beras ragi merah merupakan obat tradisional Tiongkok dan juga sering dijadikan bahan masakan. Beberapa produk beras ragi merah mengandung banyak monacolin K.

Zat tersebut secara kimiawi memiliki bahan aktif yang bisa menurunkan kolesterol lovastatin. Beras ragi merah mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Jahe

Obat alami kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah jahe. Manfaat jahe memang sudah tidak diragukan lagi dan salah satunya bisa menjadi obat alami kolesterol.

Pada sebuah studi selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan penurunan yang signifikan pada sebagian besar penanda kolesterol.

Tak hanya itu, penelitian pun juga dilakukan pada tikus hipotiroid. Hasilnya, ekstrak jahe mampu menurunkan kolesterol LDL hingga tingkat yang sama dengan obat penurun kolesterol .

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatasinya

Ketumbar

Obat alami kolesterol tinggi yang keempat adalah ketumbar. Bahan dapur ini selain untuk membumbui masakan juga bisa menjadi obat alami kolesterol.

Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah. 

Kacang kedelai

Obat alami kolesterol tinggi yang terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai dan produk olahan dari kacang kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL.

Misalnya tahu, susu kedelai, tempe, dan kacang kedelai kukus, merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik.

Dengan mengonsumsinya, maka bisa jadi pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu kolesterol secara keseluruhan dalam makanan dapat berkurang. 

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sejak usia muda dan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Jika kolesterol tak kunjung turun, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru