Ciri-ciri Kolesterol Tinggi & Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Tanpa Obat

Senin, 15 Agustus 2022 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-ciri Kolesterol Tinggi & Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Tanpa Obat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat. Usia 30 tahun ke atas harus mulai mewaspadai ciri-ciri kolesterol tinggi dan memahami cara menurunkan kadar kolesterol

Mengutip Kompas.com, Kolesterol tinggi perlu diwaspadai karena bisa mengundang penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Oleh karenanya, mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi itu penting agar dapat segera mengatasi dan mencegah kondisi berkembang lebih parah.

Kolesterol tinggi dikenal juga sebagai hiperkolesterolemia. Mengutip Verywell Health, ketika Anda mengalami kolesterol tinggi, artinya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda lebih banyak dari pada kolesterol baik (HDL).

Menurut Kementerian Kesehatan, kadar kolesterol Anda dikategorikan tinggi, jika angkanya mencapai lebih dari 240 mg/dL. Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan ciri-ciri khas di awal. Sehingga, ciri-ciri kolesterol tinggi muncul seiring dengan bertambah parahnya kesehatan tubuh Anda terpengaruh.

Saat itu, ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa Anda alami meliputi:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kelelahan
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Sakit kepala
  • Masalah penglihatan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Nyeri dada.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Kolesterol, Kenali 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Mengutip Healthline, dokter biasanya akan mengecek apakah Anda mengalami kolesterol tinggi dengan tes yang disebut panel lipid. Sebelum tes dimulali dokter akan meminta Anda untuk tidak makan dan minum apa pun setidaknya selama 12 jam. Setelah itu, dokter akan mengambil sampel darah Anda, yang kemudian mengirimnya ke laboratorium untuk dianalisis.

Panel lipid mengukur kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida Anda. Kolesteol total Anda umumnya dianggap berada di "ambang batas tinggi", jika mencapai kisaran 200-239 mg/dL.

Kolesterol total tinggi, jika angka mencapai lebih dari 240 mg/dL. Kolesterol LDL Anda umumnya dianggap berada di "ambang batas tinggi", jika mencapai kisaran 130-159 mg/dL. Kolesterol LDL tinggi, jika angka mencapai lebih dari 160 mg/dL. Kolesterol HDL umumnya dianggap "buruk", jika mencapai di bawah 40 mg/dL.

Dianjurkan tes kolesterol dilakukan 4-6 tahun sekali oleh Anda yang telah berusia 20 tahun. Dokter biasanya juga menyarankan tes kolesterol pada Anda yang memiliki faktor risiko, seperti:

  • memiliki tekanan darah tinggi
  • kelebihan berat badan
  • merokok

 

Cara menurunkan kolesterol tinggi

Dilansir dari Kompas.com, setelah mendapatkan diagnosis kolesterol tinggi, dokter biasanya menyarankan berolahraga dan mengonsumsi obat untuk menurunkan kolesterol. Namun selain itu, ternyata perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol juga penting untuk dilakukan.

Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi dengan mengubah gaya hidup:

1. Menghentikan asupan lemak trans

Cara pertama menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah menghentikan asupan lemak trans. Lemak trans adalah lemak jahat yang akan meningkatkan jumlah LDL dan mengurangi jumlah HDL di dalam tubuh sehingga tidak akan membantu dalam menurunkan kolesterol.

Melansir WebMD, mengonsumsi lemak trans bisa meningkatkan peluang seseorang untuk sakit jantung dan mengalami stroke. Mayo Clinic menjelaskan bahwa lemak trans terkandung pada makanan yang diolah menggunakan minyak terhidrogenasi yang merupakan minyak cair yang dipadatkan sehingga menambah level hidrogen yang dikandung.

Minyak ini lebih murah dan tidak mudah untuk basi sehingga sering digunakan untuk mengolah makanan agar umur simpannya lebih lama. Tidak hanya itu saja, banyak restoran cepat saji yang menggunakan jenis minyak ini karena lebih hemat dan tidak perlu lebih sering diganti.

Mayo Clinic juga menambahkan beberapa daftar makanan yang menggunakan lemak trans, seperti:

  • Pizza beku
  • Makanan yang digoreng, seperti french fries, donat, dan ayam goreng
  • Margarin stik
  • Makanan yang dipanggang, seperti kue, kukis, dan pie
  • Mentega Adonan yang didinginkan, seperti biskuit dan roti gulung Krimer kopi yang tidak mengandung susu

2. Mengurangi berat badan

Cara kedua menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah mengurangi berat badan. Mengurangi berat badan tidak selamanya diperlukan jika ingin mengurangi level kolesterol di dalam tubuh. Namun, hal ini berbeda jika untuk yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas karena menurut WebMD, mengurangi sedikit berat badan bisa menurunkan LDL.

Healthline juga menambahkan jika menurunkan sedikit berat badan bisa sangat berpengaruh pada jumlah kolesterol dalam tubuh. Tidak perlu melakukan diet ketat karena mengurangi sekitar 5 hingga 10 persen dari berat badan akan sangat berpengaruh pada penurunan level kolesterol.

3. Mulai berolahraga

Cara ketiga menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah berolahraga. Tidak semua orang senang untuk berolahraga, tetapi ternyata melakukan olahraga secara rutin bisa membuat badan lebih sehat dan membantu dalam meningkatkan level HDL di dalam tubuh.

Melansir Healthline, melakukan olahraga aerobik selama 30 hingga 60 menit per hari akan sangat membantu. Bahkan menurut WebMD, memulai dengan berolahraga selama 10 menit per hari saja sebagai permulaan bisa berkontribusi dalam meningkatkan HDL.

4. Menambah asupan serat

Cara keempat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah memperbanyak konsumsi serat. Melansir WebMD, makanan yang mengandung serat larut bisa mencegah tubuh untuk menyerap kolesterol.

Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah oatmeal, apel, buah plum, kacang merah, kubis, pir, dan biji-bijian. Menurut penelitian yang dikutip oleh WebMD, mengonsumsi serat sebanyak 5 hingga 10 gram setiap harinya terbukti bisa menurunkan level LDL di dalam tubuh. Namun, Anda dilarang untuk mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah besar karena bisa menyebabkan kram perut atau kembung.

5. Mengonsumsi ikan secara rutin

Cara kelima menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah makan ikan secara rutin. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang akan sangat berguna untuk menurunkan kolesterol.

Menurut Mayo Clinic, omega-3 yang terkandung di dalam ikan bisa mengurangi trigliserida atau lemak dalam darah, tekanan darah, dan juga kemungkinan untuk terjadi penyumbatan darah. Meskipun kandungan omega-3 di dalam ikan tidak secara langsung mengurangi level LDL, namun kegunaan yang dimilikinya untuk kesehatan jantung sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kebiasaan Baik untuk Menurunkan Kolesterol",

Penulis : Ria Apriani Kusumastuti
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru