kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Jarang Disadari, Bisa Dilihat Di Tahi Lalat & Kuku


Senin, 15 Mei 2023 / 06:42 WIB
Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Jarang Disadari, Bisa Dilihat Di Tahi Lalat & Kuku


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah ciri-ciri kanker kulit yang harus diwaspadai sejak awal. Mengenali ciri-ciri kanker kulit sejak dini penting untuk membantu penyembuhan.

Ciri-ciri kanker kulit kadang jarang disadari karena luput dari perhatian penderitanya. Kita memang harus terus berhati-hati meskipun sudah berupaya melakukan langkah pencegahan optimal seperti sering memakai tabir surya dan melakukan pemeriksaan kulit.

Pasalnya ketika gejala kanker kulit seperti melanoma tidak semuanya sama. Pada beberapa kasus, ciri-ciri kanker kulit pada awalnya terbilang langka sehingga tidak disadari penderitanya.

Ciri-ciri kanker kulit yang jarang disadari

Ciri-ciri kanker kulit sering tidak disadari penderitanya karena ada beberapa gejala yang langka sehingga sulit dikenali masyarakat awam. Dr. Alexander Witkowski, asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran OHSU mengatakan, lebih dari separuh kasus melanoma (jenis kanker kulit mematikan) ditemukan pada pasien yang awalnya terlihat seperti tahi lalat.

Baca Juga: buah yang aman untuk penderita diabetes, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Dari Warna Kulit

Tetapi melanoma tidak selalu terjadi pada tahi lalat, faktanya 70-80 persen kasus melanoma terbentuk pada kulit yang tampak normal dan terlihat sehat. Bahkan terkadang muncul di area kulit halus yang tidak terduga, tetapi bahayanya kemungkinan dapat berkembang menjadi kanker ganas.

Dikutip dari laman Insider, berikut beberapa ciri-ciri kanker kulit yang jarang disadari.

1. Bintik-bintik baru di telapak kaki atau tangan bagian dalam

Ciri-ciri kanker kulit pertama adalah muncul bintik-bintik baru di telapak kaki atau tangan bagian dalam. Ada beberapa area tubuh yang berisiko tinggi terkena melanoma, terutama bagi orang dengan kulit lebih gelap, seperti di telapak kaki dan tangan. Terlepas dari ras atau warna kulit, Witkowski mengatakan setiap orang memiliki jumlah pigmen yang terbatas sehingga kemungkinan kulit bagian telapak juga memiliki risiko yang sama akibat terpapar sinar matahari.

2. Lesi pada kelopak mata, bibir atau alat kelamin

Ciri-ciri kanker kulit kedua adalah lesi pada kelopak mata, bibir atau alat kelamin. Tidak banyak orang menyadari bahwa lesi pada kelopak mata, bibir atau alat kelamin merupakan awal mula munculnya kanker kulit. Ya, Ciri-ciri itu termasuk gejala awal kanker kulit yang jarang. Tetapi biasanya lesi yang muncul itu mudah dikenali karena warnanya lebih gelap.

3. Tahi lalat tidak berwarna

Ciri-ciri kanker kulit ketiga adalah tahi lalat tidak berwarna. Bentuk gejala melanoma yang langka selanjutnya adalah tahi lalat tidak berwarna. Dengan kata lain, jika di bagian tubuh memiliki tanda kecil seperti tahi lalat tetapi warnanya bukan kecoklatan atau hitam tetapi merah muda, bisa jadi itu pertanda melanoma.

Menurut Dr. Joanna Ludzik, seorang asisten profesor dermatologi di OHSU, tahi lalat yang tidak berwarna ini biasanya berupa bintik kecil merah muda atau putih.

4. Tanda di mata

Melanoma yang menunjukkan tanda awal di bola mata sebetulnya sangat jarang terjadi, karena presentase kemungkinannya kurang dari satu persen dari kasus kanker kulit. Namun pada saat pemeriksaan, dokter juga perlu meninjau kondisi mata karena terkadang melanoma terbentuk di bagian belakang bola mata.

Beberapa gejala lain yang menyertai kondisi ini biasanya dikenali dengan perubahan penglihatan, tekanan mata, atau sakit kepala yang mengarah pada diagnosis melanoma.

5. Goresan pada garis kuku

Ciri-ciri kanker kulit kelima adalah goresan pada garis kuku. Goresan pada kuku jari tangan dan kaki juga dapat menjadi pertanda melanoma karena biasanya dikaitkan dengan tahi lalat asimetris. Bahkan keberadaannya bisa muncul di garis dan area gelap tepat di bawah kuku tangan dan kaki. Untuk itu, penting untuk selalu menghapus cat kuku sebelum pemeriksaan kulit dilakukan agar pertumbuhan dan tanda awal melanoma lebih mudah terdiagnosis.

Itulah berbagai ciri-ciri kanker kulit. Segera hubungi dokter jika merasakan ciri-ciri kanker kulit di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspadai, 5 Tanda Kanker Kulit yang Jarang Disadari",


Penulis : Dinno Baskoro
Editor : Sekar Langit Nariswari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×