Kesehatan Umum

Ciplukan bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Kamis, 24 September 2020 | 17:43 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ciplukan bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

ILUSTRASI. Ciplukan obat herbal diabetes melitus.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciplukan, tanaman liar yang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus.  

Penyakit diabetes melitus atau yang kerap dikenal sebagai kencing manis bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. 

Mengutip Kompas.com, penyakit diabetes melitus disebabkan karena glukosa tidak bisa diserap oleh sel tubuh sehingga terjadi penumpukan.

Baca Juga: Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi

Bila dibiarkan, penyakit diabetes melitus bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit komplikasi. 

Mengutip dari buku berjudul Terapi Jus Untuk Diabetes Melitus karya dr.Prapti Utami dan Tim Lentera, seseorang yang menderita diabates melitus akan menampakkan gejala seperti sering kencing saat malam hari, selalu merasa haus dan lapar, serta munculnya luka yang tidak kunjung sembuh. 
 
Penyakit diabetes melitus dipicu oleh sejumlah faktor seperti gaya hidup tidak sehat, riwayat keluarga, menderita tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol baik rendah. 

Penyakit diabates melitus bisa dihindari dengan beberapa cara yakni. 

  • Cukup tidur 
  • Olahraga teratur 
  • Capai berat badan ideal 
  • Kurangi konsumsi makanan mengandung garam tinggi 
  • Hindari stres
  • Berhenti merokok 
  • Konsumsi makanan sehat 

Namun, untuk Anda yang menderita diabetes melitus ada banyak cara untuk mengobatinya. Pertama, Anda bisa menjalankan pola hidup sehat untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. 

Kedua, Anda bisa mengonsumsi obat dari dokter saat penyakit diabetes melitus sedang kambuh. Ketiga, Anda bisa mengonsumsi oabt herbal untuk menurunkan kadar gula darah.  

Keempat, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang aman untuk penderita diabates sekaligus yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. 

Ciplukan obat herbal diabetes melitus 

Ciplukan merupakan tanaman liar yang banyak tubuh di sawah kering, dan kebun. Asal tahu saja, ciplukan bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah dengan ketinggan maksimal 1550 di bawah permukaan tanah. 

Pohon ciplukan punya bunga dengan bentuk unik berwarna kuning. Sedangkan, buah ciplukan berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan saat masih muda.

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Obat Tradisional Volume 2 karya Thomas A.N.S., buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula. 

Zat-zat tersebut membuat ciplukan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Salah satu penyakit yang bisa diobati ciplukan adalah diabetes melitus. 

Cukup mudah untuk membuat ramuan herbal ciplukan untuk obat diabetes melitus, berikut panduannya. 

Bahan 

  • Tanaman utuh ciplukan yang sudah berbuah 
  • Air 3 gelas 

Anda bersihkan tanaman ciplukan dari daun sampai ke akar-akarnya. Setelah itu, Anda layukan tanaman ciplukan yang sudah bersih. 

Bila sudah cukup layu, Anda rebus tanaman ciplukan dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air. Anda minum air rebusan ciplukan satu kali sehari. 

Baca Juga: Ini gejala kolesterol tinggi yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat asam urat

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru