Cerita warga yang terinfeksi Covid-19 jalani isolasi mandiri di rumah

Kamis, 29 Juli 2021 | 08:55 WIB   Reporter: Bidara Pink
Cerita warga yang terinfeksi Covid-19 jalani isolasi mandiri di rumah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjalani isolasi Covid-19 tidak hanya dilakukan pada fasilitas kesehatan seperti rumah sakit maupun hotel. Masyarakat juga bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Rizki Fajar (25), seorang pegawai swasta mengatakan, ia lebih memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah daripada di rumah sakit maupun ke hotel yang sudah disediakan pemerintah.

“Pertimbangannya, karena untuk melakukan isoman ada indikator salah satunya rumah layak dijadikan isoman. Rumah saya termasuk layak,” ujar Rizki kepada Kontan.co.id, Rabu (28/7).

Selain itu, Rizki juga menyebut pada waktu ia tertular, gejala yang ia dapat tidak berat. Sehingga masih bisa untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, meski menjalani isolasi mandii di rumah, Rizki tetap melakukan koordinasi dengan Puskesmas terdekat. Setiap hari, ia akan memberikan update mengenai kondisinya dan pihak puskesmas memberikan obat yang bisa dia konsumsi lewat orang tuanya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 melonjak, 3 gubernur di Jepang minta pemberlakuan status darurat

Saat melakukan isolasi mandiri tersebut, ia benar-benar membatasi kontak dengan keluarga. Kebetulan, saat ini yang tinggal satu rumah dengan Rizki adalah tantenya. Kedua orang tua Rizki tinggal di tempat terpisah.

“Karena berdua saja, jadi pembagian wilayah saya di lantai dua dan tante di lantai satu. Mobilitas saya pun dibatasi, saya hanya bisa menggunakan kamar tidur, balkon untuk berjemur, juga kamar mandi,” tambahnya.

Keluarga Rizki juga membedakan alat makan yang dipakai Rizki. Hal ini sebagai langkah preventif agar virus tidak menular lewat media alat makan tersebut. Pun, kalau harus mengantar makanan untuk Rizki, keluarga pasti mengenakan masker double dan sarung tangan.

Setiap hari pun, Rizki selalu berjemur untuk mendapatkan vitamin D. Ia berjemur dari pukul 07.00 - 08.00. Mengingat ia berjemur di balkon alias di luar kamar, tentu dia tetap memperhatikan protokol kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru