kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek Ya! 7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Rabu, 15 Februari 2023 / 09:57 WIB
Cek Ya! 7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat buah markisa untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang teruji secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, selain memiliki banyak manfaat, buah markisa juga dikenala dengan rasa manisnya yang menyegarkan dan lezat saat dikonsumsi.

Meski mempunyai rasa manis, buah markisa termasuk buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, rasa manis buah markisa terbuat dari pemanis alami.

Baca Juga: Sayang Dilewatkan, Ini Kegunaan Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

Buah markisa mengandung daging buah yang lembut dan banyak biji di dalam kulit buah yang keras. Orang bisa memakan biji dan ampasnya, membuat jus, atau menambahkannya ke minuman lain.

Selain itu, karena mempunyai rasa yang lezat dan menyegarkan, tidak jarang buah markisa dijadikan berbagai jenis penyedap rasa minuman atau makanan sekalipun.

Buah markisa baru-baru ini juga mendapatkan banyak perhatian karena merupakan sumber yang kaya akan antioksidan kuat dan mungkin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Manfaat buah markisa tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, serat dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: 8 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Mungkin Anda Alami, Catat Ya!

Merangkum dari Healthline, ada beberapa manfat buah markisa yang menarik untuk diketahui. 

1. Kaya Antioksidan

Buah markisa kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang memanfaat dan membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh tetap sehat. Para ilmuwan tahu bahwa antioksidan meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Kandungan antioksidan dalam markisa juga bermanfaat untuk mengurangi stres seluler dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian

2. Baik untuk Pencernaan

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Ini membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit dan gangguan usus.

Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Makan buah markisa secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Suka Durian? Kenali 6 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, markisa merupakan buah tropis yang memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang rendah. Ini berarti markisa tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam setelah memakannya serta menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa mempunyai manfaat yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C yang mempunyai manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selai itu, markisa juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah markisa mengandung potasium yang bermanfaat urbukmenyehatkan jantung dan juga rendah sodium.

Jika Anda mengkonsumsi buah markisa denga bijinya, hal tersebut mengandung banyak serat dayang membatu menghilangkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh? Simak Ya!

7. Mengurangi Kecemasan

Tidak berhenti sama disitu, markisa juga mempunya manfaat bisa menghilangkan stres loh. Hal tersebut dikarenakan buah markisa kaya akan magnesium dan mineral penting yang telah dikaitkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×