kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 5 Masker Komedo Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri


Selasa, 28 Desember 2021 / 12:54 WIB
Cek 5 Masker Komedo Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri
ILUSTRASI. Anda bisa memakai bahan alami sebagai masker komedo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Komedo yang muncul di kulit bisa membuat penampilan Anda kurang maksimal. Supaya kemunculannya berkurang, Anda perlu rutin memakai masker komedo. Jangan bingung, ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan.

Pada dasarnya, sudah banyak masker pengangkat komedo yang dijual di pasaran. Namun, produk-produk tersebut terbuat dari bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit. Apalagi jika Anda memakinya dalam jangka waktu lama.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, cobalah untuk membuat masker menghilangkan komedo dari bahan alami. Kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami tak hanya membersihkan komedo secara maksimal, tapi juga meningkatkan kesehatan kulit.

Gula dan minyak kelapa

Masker komedo juga bisa terbuat dari gula dan minyak kelapa, lo. Tidak hanya membersihkan kotoran dan sel kulit mati di wajah, kombinasi bahan alami itu juga bisa Anda pakai di bagian tubuh yang lain. Jadi, kondisi kulit secara menyeluruh bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Wajib Coba

Madu, brown sugar, lemon

Madu dan bahan alami yang lain bisa dibuat menjadi masker komedo.

Masker penghilang komedo pertama bisa Anda buat dari madu, brown sugar, dan lemon. Kombinasi bahan alami tersebut efektif digunakan sebagai eksfoliator. Jadi, komedo dan kotoran yang menempel di wajah bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Mengutip dari The Healthy, Anda perlu mencampur 1 sdm brown sugar, 1 sdm madu, dan 2 sdm air lemon. Setelah teraduk rata, gosokkan pada area kulit yang memiliki komedo dengan gerakan memutar. Diamkan dulu selama lima menit lalu bilas dengan air.

Tea tree oil

Selain bahan-bahan di atas, tea tree oil juga bisa Anda gunakan sebagai pembersih komedo. Antibakteri dalam tea tree oil efektif membersihkan dan mencegah infeksi bakteri. Dengan begitu, kesehatan kulit Anda akan tetap terjaga.

Baca Juga: Efektif, 4 masker teh hijau ini bisa Anda buat sendiri

Teh hijau

Tak hanya menyehatkan tubuh dari dalam, The Healthy mengatakan, teh hijau bisa dipakai sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Caranya, campur 1 sdt teh hijau dengan 1 sdt air. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda perlu menggosokkan teh hijau pada kulit dengan gerakan memutar. Lakukan langkah itu secara perlahan selama tiga menit kemudian bilas dengan air. Jangan lupa untuk memakai pelembab yang biasa Anda gunakan, ya.

Baking soda

Baking soda adalah eksfoliator alami yang bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Anda hanya perlu mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan di kulit yang berkomedo.

Meski cukup efektif, usahakan untuk tidak memakainya secara berlebihan karena justru merusak kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×