Kesehatan Umum

Cek 5 gejala penyakit ginjal ini, ada yang Anda alami?

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cek 5 gejala penyakit ginjal ini, ada yang Anda alami?

ILUSTRASI. Ada beberapa kondisi yang termasuk dalam gejala penyakit ginjal.

KONTAN.CO.ID - Mewaspadai gejala penyakit ginjal sedari awal bisa jadi salah satu cara mencegah kondisi yang lebih parah. Cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa ciri penyakit ginjal berikut ini.

Biasanya, Anda akan diminta melakukan tes urin dan tes darah. Dari situlah kondisi Anda yang sesungguhnya bisa didiagnosa. Namun, tidak menutup kemungkinan ada jenis pemeriksaan lain yang Anda butuhkan.

Mengutip dari Life Options, ada beberapa kondisi yang biasa dialami oleh penderita penyakit ginjal. Mulai dari kelelahan, masalah pada buang air kecil dan urin yang keluar, hingga beberapa kondisi yang lain.

Sesak napas

Sesak napas jadi salah satu gejala penyakit ginjal yang dapat Anda alami. Ada bebera alasan yang mengakibatkan terjadinya kondisi itu: ada penumpukan cairan di sekitar paru-paru dan penurunan jumlah darah pembawa oksigen di tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

Muncul rasa gatal

Anda perlu berhati-hati jika sering merasakan gatal di kulit. Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring zat racun yang ada dalam tubuh.

Sayangnya, infeksi penyakit mengakibatkan fungsi itu tak bisa berjalan maksimal. Akibatnya, zat racun yang menumpuk menimbulkan rasa gatal di kulit.

Sakit Perut

Gejala penyakit ginjal yang umum dialami oleh banyak orang adalah sakit perut. Anda juga lebih rentan mengalami mual dan muntah.

Penyebabnya: penumpukan zat racun dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, nafsu makan Anda menurun sehingga berat badan Anda pun berkurang.

Baca Juga: Tak perlu obat, ini 12 cara mengobati asam urat secara alami

Kondisi urin berubah

Salah satu gejala penyakit ginjal adalah perubahan pada urin yang Anda keluarkan.

Life Options menyebukan, penyakit ginjal mengakibatkan perubahan pada urin yang Anda keluarkan. Anda bisa mengeluarkan air kencing yang bercampur dengan darah.

Tidak berhenti sampai di situ, air kencing juga bisa berbuih saat ginjal gagal melakukan fungsinya dengan benar.

Pembengkakan

Penyakit ginjal juga ditandai dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti wajah dan kaki. Fungsi ginjal yang lain adalah mengeluarkan cairan yang tidak dibutuhkan dalam tubuh.

Nah, ketika fungsi itu tidak berjalan, terjadi penumpukan cairan yang menyebabkan pembengkakan.

Selanjutnya: Cara mengenali tanda-tanda sakit tipes kambuh dan obat yang tepat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru