kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 4 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Jumat, 13 Januari 2023 / 13:26 WIB
Cek 4 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah sirsak untuk kesehatan nampaknya tidak sepopuler rasa asam manisnya yang khas. Meski demikian, manfaat buah sirsak untuk kesehatan tidak perlu diragukan.

Manfaat yang disajikan buah sirsak tak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya. Contohnya, seperti serat, protein, vitamin C, vitamin B, kalsium, kalium dan berbagai nutrisi lainnya. 

Di Indonesia, buah sirsak kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti jus, puding, es buah, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan sirsak cukup populer mempunyai rasa manis asam yang lezat saat dikonsumsi. Serta tak sedikit juga buah sirsak dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga: Kenali 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Penting Untuk Diketahui, Yuk Cek!

Selain buahnya yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, daun, akar juga tak kalah hebat mempunyai banyak manfaat dan berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Melansir dari Guardian, berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah Sirsak membantu memperbaiki sembelit dengan memperlambat pencernaan sekaligus menjaga kadar gula darah. Hal tersebut terbukti menjadi pengobatan pencegahan yang bagus untuk penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Sifat antivirus dan antiparasit dalam buah sirsak mampu mencegah cacingan dan parasit yang menyusup ke saluran pencernaan. Sehingga mengkonsumsi buah sirsak sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Baca Juga: Membantu Menurunkan Berat Badan, Kenali 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah sirsak adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak mengandung cukup banyak vitamin C yang dapat membantu melawan patogen dan melindungi kulit dari kerusakan oksidasi. 

Buah sirsak juga mengandung fitosterol yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta flavonoid yang dapat menangkal berbagai radikal bebas. 

3. Melawan Peradangan

Buah sirsak termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan. Oleh sebab itu, antioksidan yang terkandung dalam buah sirsak mampu melawan berbagai jenis peradangan termasuk asma, penyakit jantung, diabetes, radang sendi dan lain-lain.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Simak 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

4. Menstabilkan Tekanan Darah Anda

Buah sirsak mengandung potasium dan zat besi yang cukup tinggi. Hal tersebut mampu menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, kalium yang terkadung dalam buah sirsak dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Meski demikian, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah tersebut untuk menghindari efek samping. Serta sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter guna mendapatkan manfaat yang maksimal dan efek samping seminimal mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×