kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah virus corona, ini petunjuk praktisnya


Senin, 02 Maret 2020 / 16:29 WIB
Cegah virus corona, ini petunjuk praktisnya
Cuci tangan untuk menjaga kesehatan. KONTAN/Muradi/09/02/2009


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhirnya pemerintah secara resmi menyatakan dua warga Indonesia secara positif terjangkit virus covid-19, nama lain dari corona. Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Terawan Munaf.

Setelah informasi tersebut menyebar luas di masyarakat termasuk juga grup percakapan, beragam komentar langsung bertebaran. Terlepas dari ragam komentar yang muncul, yang jelas, Indonesia secara resmi sudah menjadi negara yang terjangkit virus yang mematikan tersebut. Tugas kita saat ini adalah bagaimana supaya virus tersebut tidak menyebar luas. Dan salah satu upaya adalah dengan melindungi diri sendiri.

Baca Juga: Dua warga Depok positif corona, Ridwan Kamil: Jawa Barat siaga satu virus corona

Sebetulnya, tata cara tentang pencegahan virus corona sudah menyebar luas di media sosial dan grup percakapan, ini setelah virus tersebut menjadi perhatian serius warga dunia di awal tahun ini. Nah, tidak ada salahnya kita diiingatkan kembali untuk tetap menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh untuk melawan virus corona. Berikut beberapa langkah pencegahan seperti yang diinfokan oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas), Kementerian Kesehatan.

1. Rajin cuci tangan dengan sabun. Setiap kali kita melakukan kegiatan, apakah itu sebelum bekerja atau sekolah, atau bersenda gurau di rumah dan sekitarnya, apalagi untuk makan, ada baiknya selalu mencuci tangan dengan bersih. Usahakan memakai sabun antiseptik untuk bisa membunuh kuman-kuman yang ada. 

2. Jangan lupa pakai masker. Sediakan selalu masker di rumah atau di tempat kerja. Dan gunakan saat bepergian atau beraktivitas. Namun keluhan banyak orang adalah mulai sulit mendapatkan masker, kalaupun ada harganya sudah selangit, seperti yang tertera di sejumlah marketplace. Uniknya di grup percakapan, mulai tersebar cara untuk membuat masker dari bahan lain. Salah satunya dari tisu basah.

3. Perhatian, kita harus minum minimal 8 gelas per hari. Itupun air putiih, bukan air yang lainnya. 

4. Makanlah makanan yang dimasak dengan sempurna alias matang dan tidak setengah matang. Kalau perlu hindari makan daging dari hewan yang berpotensi menular. Sayang, Gemas tidak merinci jenis daging yang berpotensi menular.

5. Saran lainnya tergolong normal dan memang dibutuhkan dalam menjalankan hidup sehat. Misalnya rajin olahraga, ada yang menyebut minimal setengah jam per hari untuk melakukan kegiatan olahraga pilihan.

6. Makanlah dengan gizi yang seimbang. Artinya makanan yang cukup karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lainnya.

7. Jangan lupa jaga kebersihan lingkungan, mulai dari rumah dan lingkungan sekitarnya. Kalau perlu ada kerja bakti di lingkungan tempat tinggal.

8. Bagi para perokok, ada baiknya untuk mulai berhenti merokok untuk meminimalisir risiko.

9. Kalau terkena demam atau sesak nafas, segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat.

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×