Penyakit Menular

Cegah infeksi virus corona dengan masker kain yang benar

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah infeksi virus corona dengan masker kain yang benar

ILUSTRASI. Virus Corona bisa dicegah dengan masker kain yang dicuci dan dipakai dengan benar. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara pencegahan infeksi virus corona adalah menggunakan masker kain. Namun, protokol kesehatan ini bisa efektif memberikan dampak sesuai dengan yang diharapkan hanya jika dicuci setiap hari pada suhu tinggi.

Mengutip dari Thehealthsite.com, banyak orang yang masih menggunakan masker kain selama beberapa hari tanpa dicuci. Padahal, kebiasaan tersebut justru bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona.

Para peneliti menganalisis data dari RCT atau randomised controlled trial yang dipublikasikan pada 2015. Karena dipublikasikan lima tahun lalu, penelitian hanya melibatkan patogen yang sering menyerang sistem pernapasan seperti flu, dan virus corona tidak termasuk dalam analisis. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open menunjukkan, masker kain sama efektifnya dengan masker bedah untuk mencegah penularan virus corona. Para peneliti merekomendasikan masker kain dicuci setiap hari supaya efektivitas itu bisa didapat.

Baca Juga: Terus menanjak, kasus virus corona global menembus angka 38 juta

Melansir dari Thehealthsite.com, sebaiknya cuci masker kain menggunakan mesin cuci, jangan memakai tangan. Mencuci masker kain dengan tangan justru bisa meningkatkan resiko terinfeksi virus corona sebanyak dua kali lipat.

Hal yang sama juga direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Selain memakai mesin cuci, gunakan air panas (60 derajat Celcius) dan detergen. Setelah dicuci dengan cara seperti itu, masker kain bisa efektif digunakan lagi untuk mencegah penularan virus corona.

Tak hanya cara mencuci, masker kain juga perlu dipakai dengan cara yang benar. Sebelum memakai dan melepas masker kain, usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan masker kain menutup seluruh bagian hidung dan mulut.

Selanjutnya: Tiga gejala Covid-19 terbaru, dari ruam, anosmia, & neurologis

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru