kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah corona, Mendagri imbau masyarakat agar rajin berjemur


Selasa, 03 Maret 2020 / 12:35 WIB
Cegah corona, Mendagri imbau masyarakat agar rajin berjemur
ILUSTRASI. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Tito meminta masyarakat memperkuat sistem imun tubuh untuk mencegah penularan virus corona. REUTERS/Willy Kurniawan


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat memperkuat sistem imun tubuh untuk mencegah penularan virus corona. Salah satu caranya dengan berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. 

"Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga," ujar Tito sebagaimana dikutip dari Keterangan Pers Puspen Kemendagri, Selasa (3/3). 

Baca Juga: Cegah corona, cuci tangan lebih efektif dibanding hand sanitizer

"Karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh. Kalau daya tubuh kuat, virus juga tidak bisa berkembang," lanjut dia. 

Tito melanjutkan, sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki suhu relatif hangat dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa. Keuntungan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sejumlah manfaat. 

"Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain," ujar Tito Karnavian. 

"Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas, dia (virus) tidak bisa berkembang. Nah keuntungan kita negara yang tropis seperti itu," lanjut dia. 

Baca Juga: Pemerintah tunjuk Sesditjen PDP Kemenkes jadi juru bicara penanganan corona

Kemudian, ia mengingatkan masyarakat juga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah serta vitamin. Terakhir, masyarakat juga diminta untuk rutin mencuci tangan dengan sabun secara benar. 

Sebab, kata Tito, metode penyebaran virus corona terutama disebabkan sentuhan langsung dengan penderita. "Metode penyebarannya ini terutama sentuhan langsung dengan penderitanya. Sehingga rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan disinfektan," ungkap Tito.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×