kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Ya! 5 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Sabtu, 11 Februari 2023 / 08:00 WIB
Catat Ya! 5 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat kubis merah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kubis merah untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian. Selain itu, ada beberapa manfaat kubis merah yang telah teruji secara klinis.

Manfaat yang didapatkan saat mengkonsumsi kubis merah tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam sayuran tersebut.

Kandungan nutrisi dalam kubis merah di antaranya seperti protein, serat, kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin B, vitami D dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: Cek Lagi 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Selain itu, kubis merah juga identik diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat. Tak jarang juga kubis merah dikonsumsi oleh seseorang yang menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Lalu apa saja manfaat kubis merah untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Food, ada beberapa manfaat kubis merah untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Kubis merah mengandung cukup banyak antioksidan. Senyawa tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang dapat memicu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Catat Ya, 5 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kubis merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Pasalnya, kandungan nutrisi dalam kubis merah mampu mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung, seperti menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bukti yang berkembang bahwa anthocyanin dalam kubis merah memainkan peran positif dalam kesehatan jantung, menurunkan risiko serangan jantung dan kematian terkait penyakit jantung menjadi lebih rendah.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

3. Melawan Peradangan

Selain kaya akan antioksidan, kubis merah juga mengandung sifat antiiflamasi yang bermanfaat dan mampu melawan berbagai jenis peradangan yang bisa berpotensi kronis.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Tak berhenti disitu kubis merah juga memiliki sifat antikanker yang cukup hebat. Pasalnya, kubis merah mengandung senyawa sulforaphane dan anthocyanin yang mampu mencegah kerusakan oksidatif dan berperan sebagai pelindung dari kanker.

Baca Juga: Cek Lagi 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

5. Menjaga Kesehatan Usus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa kubis merah kerap dikonsumsi saat menjalan program diet menurunkan berat badan. Selain itu, kubis merah juga berperan aktif menjaga kesehatan usus.

Pasalnya, kubis merah mengandunga banyak serat yang baik untuk kesehatan usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×