Catat, ya, 5 manfaat gliserin pada produk pelembab kulit wajah

Kamis, 04 November 2021 | 12:00 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Catat, ya, 5 manfaat gliserin pada produk pelembab kulit wajah

KONTAN.CO.ID - Gliserin sering ditemukan pada produk skincare seperti pelembab wajah. Melansir dari wikipedia, gliserol (gliserin) adalah senyawa yang diperoleh dari lemak hewan, tumbuhan dan dianggap tidak beracun.

Jika Anda sering memperhatikan kandungan skincare yang mengandung gliserin, tetapi tidak tahu manfaat dibalik kandungan tersebut. Anda perlu mencari tahu apa manfaat yang diberikan kepada kulit wajah. Melansir dari herworld.co.id, ada lima manfaat gliserin untuk wajah yang baik Anda rasakan, yaitu : 

1. Melembabkan Kulit

Manfaat gliserin untuk wajah pertama adalah melembabkan kulit. Gliserin adalah bahan pelembab yang hampir sama efektivitasnya dengan hyaluronic acid.

Gliserin tidak hanya membantu menghadirkan hidrasi, tetapi juga memastikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan menyerap air dan menahannya pada permukaan kulit sehingga dapat membantu kulit tetap terasa lembut dan kenyal sepanjang hari.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering atau sedang berjuang melawan kulit kering, dehidrasi, atau pecah-pecah, Anda bisa mencoba produk perawatan kulit dengan kandungan gliserin ini. 

2. Meredakan Peradangan Kulit 

Manfaat gliserin selanjutnya adalah bisa meredakan peradangan kulit. Memiliki masalah kulit seperti infeksi jamur, eczema atau psoriasis, maka Anda bisa mengoleskan krim yang mengandung gliserin.

Gliserin sebagai salah satu bahan utamanya dapat membantu menenangkan peradangan dan menyembuhkan kulit yang teriritasi lebih cepat. Selain itu, gliserin juga bekerja untuk meningkatkan pergantian sel yang memiliki peran utama dalam penyembuhan kulit dan membuatnya lebih sehat. 

Baca Juga: Masih uji coba, penggunaan Zoom gratis (Basic) akan ditampilkan iklan

3. Mencegah Penuaan Dini

Selanjutnya, gliserin bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan produk skincare yang mengandung bahan gliserin untuk mencegah keriput dan garis-garis halus yang muncul.

Produk berbahan gliserin di kulit wajah dapat membantu menarik kelembapan ke lapisan atas kulit dan membuatnya tampak muda dan sehat dalam jangka waktu yang lebih panjang.

4. Melindungi Kulit dari Efek Buruk Lingkungan

Manfaat gliserin pada produk pelembab wajah selanjutnya adalah bisa melindungi kulit dari efek buruk lingkungan. Hal tersebut dikarenakan gliserin membantu meningkatkan dan menebalkan lapisan epidermis kulit.

Lapisan pelindung pada permukaan kulit ini mampu mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi kuli dari efek buruk bahkan berbahaya yang ada di lingkungan sekitar.

Contohnya, ketika Anda menggunakan produk sabun yang keras, hal tersebut dapat menghilangkan kadar minyak alami pada kulit kita sehingga melemahkan pertahanan kulit dari agresor eksternal.

Tetapi, kandungan gliserin dapat mengunci kelembapan dan memberikan kulit Anda perlindungan yang dibutuhkan agar tetap sehat dan terhidrasi.

5. Cocock untuk Kulit Sensitif

Gliserin cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Hal ini karena sifatnya yang non-toxic, gliserin tidak menyebabkan iritasi dan bebas minyak, menjadikannya kandungan yang sangat baik untuk semua masalah dan jenis kulit, terlepas dari seberapa sensitif kulit Anda.

Selain itu, untuk Anda yang sedang mengandung, gliserin sudah terbukti aman bagi ibu hamil. Sehingga Anda tetap bisa melakukan skincare routine di rumah tanpa harus takut dengan kandungan yang dimiliki produk skincare tersebut. 

Selanjutnya: Waspadai Kecanduan Internet yang Dapat Berdampak Pada Fisik dan Mental Pengguna

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru