Kesehatan Umum

Catat, inilah manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 13:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Ada banyak manfaat jeruk nipis yang bisa Anda dapat. Hal itu disebabkan oleh banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan lain sebagainya.

Menyehatkan Kulit

Jika Anda ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat, menggunakan jeruk nipis adalah jawabannya. Produksi kolagen kulit bisa diperkuat oleh salah satu antioksidan yang bernama flavonoid. Kandungan itu akan menghindrasi kulit sehingga tampilannya terlihat semakin cerah.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakan jeruk nipis secara langsung, ya. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa penggunaan jeruk nipis secara langsung, apalagi pada kulit yang baru saja terpapar sinar matahari, akan menimbulkan iritasi.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat jeruk nipis lainnya yang bisa Anda rasakan adalah sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Zat asam dari jeruk nipis mampu membantu air liur memecah makanan sehingga memudahkan proses pencernaan makanan selanjutnya.

Baca Juga: Ini loh manfaat minum air perasan jeruk lemon untuk kesehatan tubuh

Jika Anda mengalami sembelit, sebaiknya konsumsi jeruk nipis. Dengan begitu, sistem eksresi bisa membaik sehingga buang air besar bisa lebih lancar.

Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan olahraga dan mengatur pola makan, berat badan juga bisa turun jika Anda mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Zat asam dalam jeruk nipis mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan begitu, kalori lebih banyak terbakar dan lemak yang tersimpan dalam tubuh akan berkurang. Healthline merekomendasikan Anda agar mengonsumsi segelas air jeruk nipis di pagi hari untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Melawan Infeksi

Melawan infeksi jadi manfaat jeruk nipis lainnya yang bisa Anda dapat. Konsumsi sedikit air jeruk nipis setiap hari, apalagi saat musim flu dan pilek. Sistem imun tubuh akan meningkat karena adanya vitamin C dan antioksidan. Meski Anda terserang pun, tubuh Anda bisa kembali pulih lebih cepat.

Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin bisa dicoba. Jeruk nipis mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga penyerapan gula dalam darah bisa lebih terkontrol. Dengan begitu, jumlah gula darah Anda bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya: Lagi diet? Air jeruk nipis dengan teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru