Kesehatan Umum

Catat, inilah 5 manfaat putih telur untuk kesehatan

Kamis, 10 Desember 2020 | 12:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 5 manfaat putih telur untuk kesehatan

ILUSTRASI. Salah satu manfaat putih telur adalah mengatasi kelelahan yang Anda rasakan.


KONTAN.CO.ID - Telur, apalagi bagian putihnya, adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi. Sehingga, banyak manfaat putih telur untuk kesehatan.

Manfaat putih telur berasal dari kandungan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B6, vitamin B12, dan nutrisi lain yang ada di dalamnya. manfaat putih telur yang bisa Anda dapatkan:.

Mengontrol tekanan darah

Anda perlu waspada jika memiliki tekanan darah tinggi karena kesehatan jantung Anda bisa terganggu. Untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah dengan lebih baik, cobalah untuk mengonsumsi sumber makanan yang mengandung potasium, salah satunya adalah putih telur.

Mengutip dari Parenting.firstcry.com, Anda bisa mendapat 8 mg potasium dalam satu putih telur. Artinya, mengonsumsi putih telur dapat menurunkan risiko stroke. Tak hanya itu, putih telur juga berguna untuk kesehatan tulang sehingga patah tulang bisa Anda hindari.

Membentuk otot

Jika Anda ingin memiliki otot yang lebih kuat, cobalah untuk mengonsumsi putih telur secara rutin. Manfaat putih telur itu berasal karena banyaknya protein yang terkandung di dalamnya. Dalam satu putih telur, Anda bisa mendapat 6 g protein.

Baca Juga: Cegah infeksi penyakit, yuk konsumsi vitamin daya tahan tubuh ini

Mengatasi kelelahan

Sering merasa lelah dan tak berenergi bisa jadi salah satu tanda tubuh kekurangan zat besi. Jika terus dibiarkan, Anda bisa mengalami pusing, badan lemas, dan gangguan kesehatan lain yang mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi putih telur. Parenting.firstcry.com menyebutkan, mangan dan magnesium yang terkandung dalam putih telur mampu mengurangi lelah yang Anda rasakan.

Namun, jika kelelahan terus Anda alami, cobalah berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai.

Baca Juga: 5 Jenis buah dan sayur penambah darah untuk mengatasi anemia

Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat putih telur adalah mencegah penuaan dini.

Seiring bertambahnya usia, ada banyak tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit. Mulai dari keriput, kerutan, hingga bintik hitam.

Agar hal itu bisa Anda hindari, cobalah untuk mengonsumsi putih telur secara rutin. Sumber makanan itu akan meremajakan sel kulit sehingga tanda penuaan hilang dan kulit terlihat lebih lembut.

Cocok dikonsumsi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk makan putih telur secara rutin. Mengonsumsi satu putih telur rebus mampu menurunkan kolesterol sehingga risiko penyakit lain, seperti kardiovaskular dan tekanan darah juga ikut berkurang.

Selanjutnya: Kulit pisang banyak kegunaannya, bisa untuk cerahkan gigi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru