Kesehatan Umum

Catat! Inilah 5 gejala sinusitis yang perlu Anda tahu

Minggu, 30 Agustus 2020 | 12:15 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat! Inilah 5 gejala sinusitis yang perlu Anda tahu

KONTAN.CO.ID - Sinusitis, atau dalam dunia medis disebut rhinosinusitis, adalah infeksi pada rongga hidung yang menyebabkan inflamasi dan pembengkakan. Biasanya, gejala sinusitis timbul karena infeksi virus.

Namun, tidak menutup kemungkinan bakteri dan jamur juga jadi penyebabnya. Mengutip Healthline, penyebab gejala sinusitis bisa pula karena kondisi lain. Misalnya, alergi, polip hidung, atau infeksi gigi.

Sinusitis akut biasanya terjadi selama kurang dari empat minggu. Sedangkan sinusitis kronis bisa berlangsung selama lebih dari 12 minggu.

Rasa sakit merupakan gejala sinusitis yang umum terjadi. Anda mungkin akan merasa sakit di bagian kening, hidung, rahang atas, gigi, atau area di antara kedua mata. Rasa sakit tersebut juga akan diselingi dengan gejala sinusitis yang lain.

Menurut Healthline, berikut gelaja sinusitis yang perlu Anda tahu:

Baca Juga: 5 gejala infeksi sinus yang penting diketahui

Kotoran hidung

Produksi kotoran hidung adalah gejala sinusitis yang bisa terjadi. Kotoran hidung terbentuk akibat infeksi sinus dan dikeluarkan melalui saluran pernapasan.

Gejala sinusitis ini juga bisa masuk ke tenggorokan. Sehingga, dapat menyebabkan gatal dan sakit tenggorokan.

Hidung tersumbat

Gejala sinusitis lainnya adalah hidung tersumbat. Infeksi sinus mengakibatkan penyumbatan hidung sehingga Anda bisa kesulitan bernapas.

Selain sulit bernapas, kemampuan mencium aroma dan mencecap makanan juga akan menurun.

Pusing

Pusing adalah gejala sinusitis lain yang tak bisa Anda hindari. Pusing yang Anda alami bisa menjalar ke bagian pipi dan telinga.

Biasanya, gejala sinusitis ini terasa parah di pagi hari. Sebab, cairan banyak terkumpul saat Anda tidur.

Baca Juga: Warna lendir hidung indikasikan penyakit

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gejala sinusitis selanjutnya yang dapat terjadi. Kotoran hidung menyebabkan tenggorokan iritasi.

Alhasil, Anda bisa mengalami batuk. Kondisi ini terasa semakin parah di pagi hari atau saat Anda bangun tidur.

Anda mungkin akan kesulitan tidur karena gejala sinusitis ini. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari badan saat tidur.

Gejala sinusitis pada anak-anak

Healthline menyebutkan, gejala sinusitis yang biasanya dialami oleh anak-anak di antaranya demam lebih dari tujuh hari, area sekitar mata bengkak, pusing, sakit telinga, batuk, mual, dan muntah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru