Catat, Ini Jumlah Maksimal Makan Telur Sehari

Sabtu, 07 Mei 2022 | 07:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Catat, Ini Jumlah Maksimal Makan Telur Sehari


KONTAN.CO.ID - Berapa jumlah maksimal makan telur sehari atau bolehkah makan telur setiap hari masih menjadi hal yang membuat sebagian masyarakat bingung. 

Sebab, selama ini telur menjadi sumber protein yang mudah dan murah untuk didapatkan. Telur adalah sumber nutrisi yang kaya akan protein, vitamin D, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, folat, dan iodine

Cara memasak telur terbaik adalah dengan merebusnya tanpa garam atau tambahan lemak. Menggoreng telur bisa menaikkan jumlah lemaknya hingga 50%. 

Namun, ada kekhawatiran mengenai dampak negatif makan telur setiap hari terutama makan kuning telur. Soalnya, kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. 

Jadi, sebenarnya bolehkah makan telur setiap hari dan berapa jumlah maksimal makan telur sehari? 

Baca Juga: Beberapa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

Bolehkah makan telur setiap hari? 

Ilustrasi bolehkah makan telur setiap hari

Dikutip dari National Health Service UK, sebenarnya tidak ada batasan mengenai jumlah makan telur sehari. Sebab, melansir Times of India, batas maksimal makan telur sehari berbeda-beda bagi seseorang dengan orang lainnya. 

Lantas, bolehkah makan telur setiap hari?  

Bagi orang yang tidak memiliki kolesterol dan masalah kesehatan khusus maka diperbolehkan mengonsumsi telur setiap hari atau tujuh telur dalam seminggu. 

Bahkan, bagi seseorang yang tidak memiliki masalah kesehatan juga masih diperbolehkan mengonsumsi telur hingga tiga butir dalam sehari.

Namun, The American Heart Association merekomendasikan batas maksimal makan telur sehari adalah satu hingga dua butir sehari bagi orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol normal dan makan menu gizi seimbang.

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Konsumsi Obat

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru