Kesehatan Umum

Catat, ini 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit Anda

Senin, 15 Maret 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit Anda

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat lidah buaya jika menggunakannya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Jika Anda mencari bahan alami yang memiliki segudang manfaat, lidah buaya adalah jawabannya. Manfaat lidah buaya berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, bahan alami itu juga mampu menjaga kesehatan kulit. Anda bisa membeli gel lidah buaya di pasaran.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat gel lidah buaya segar dengan mengambilnya secara langsung dari tanamannya. Namun, Anda perlu berhati-hati dari duri di daun lidah buaya karena bisa melukai kulit Anda.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan gel lidah buaya secara rutin. Mulai dari melembabkan kulit, mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari, hingga mencegah tanda penuaan.

Baca Juga: 6 Manfaat lobak untuk kesehatan: mencegah penuaan dini sampai menurunkan darah tinggi

Mencegah tanda penuaan

Mengutip dari Pharmeasy, lidah buaya mengandung banyak vitamin C, beta karoten, dan vitamin E. Kandungan itu mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda-tanda penuaan pun berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya juga mengandung antibakteri dan antiinflamasi.

Mengatasi iritasi kulit akibat sinar matahari

Antiinflamasi dan sensasi dingin yang ada dalam lidah buaya mampu mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar. Seiring berjalannya waktu, kandungan dalam lidah buaya akan mengembalikan kondisi kulit Anda.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat lidah buaya juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit Anda. Melansir dari Pharmeasy, kandungan dalam lidah buaya mampu meningkatkan regenerasi kulit hingga delapan kali lebih cepat.

Baca Juga: 6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru