Catat! Ini 4 gejala awal kanker serviks yang bisa Anda alami

Kamis, 25 November 2021 | 11:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat! Ini 4 gejala awal kanker serviks yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa gejala awal kanker serviks yang wajib Anda kenali. REUTERS/Danny Moloshok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada umumnya, gejala awal kanker serviks tidak begitu kentara. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan penyakit itu, ya. Terlambat mengatasi kanker serviks bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kanker serviks masih bisa diobati. Maka dari itu, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter bila menyadari beberapa ciri-ciri kanker serviks dalam artikel ini. Rutin melakukan pemeriksaan medis juga bisa Anda jadikan opsi.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan itu akan digabungkan dengan gejala-gejala yang Anda rasakan supaya hasil diagnosa yang tepat bisa Anda dapatkan.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul adalah satu tanda kanker serviks yang paling umum terjadi. Melansir dari Very Well Health (verywellhealth.com), rasa sakit juga bisa muncul di perut bagian bawah. Setiap wanita bisa mengalami rasa sakit dengan intensitas yang berbeda-beda.

Baca Juga: Umumnya tidak terlalu terlihat, ini ciri-ciri kanker serviks

Nyeri Punggung

Tidak hanya di bagian panggul, rasa sakit jugua bisa terasa di bagian punggung Anda. Rasa sakit itu biasanya muncul karena bertambahnya ukuran tumor yang menekan sistem saraf. Selain di punggung, rasa sakit juga bisa menjalar ke bagian kaki.

Pendarahan

Pendarahan bisa jadi gejala awal kanker serviks.

Pendarahan adalah gejala awal kanker serviks lainnya yang dapat Anda alami. Very Well Health menyebutkan ada beberapa jenis pendarahan yang bisa terjadi. Pertama, darah yang keluar meski Anda sedang tidak menstruasi. Ketika hal itu sering terjadi, usahakan untuk segera periksa ke dokter.

Kedua, pendarahan yang terjadi setelah Anda berhubungan seksual. Selain disebabkan karena kanker serviks, jenis pendarahan itu juga dapat terjadi karena faktor lain sehingga Anda perlu mewaspadainya. Ketiga, darah menstruasi yang Anda keluarkan lebih banyak daripada batas normal.

Baca Juga: Cara menghilangkan nyeri haid efektif dengan 6 makanan ini

Keputihan

Selanjutnya, keputihan juga termasuk dalam gejala awal kanker serviks. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang normal Anda alami. Namun, keputihan sebagai tanda kanker serviks biasanya berwarna merah kecokelatan. Bau keputihan juga tidak sedap.

Apabila kondisi-kondisi itu terus dibiarkan, pertumbuhan dan perkembangan sel kanker bisa semakin parah. Apalagi jika sel kanker mulai menyerang bagian tubuh yang lain. Gejala-gejala yang mungkin Anda alami adalah berat badan turun, lelah, mual, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Promo KFC November, beli kombo dengan Coca-Cola & gratis tiket nonton di Cinepolis

Editor: Belladina Biananda
Terbaru