Catat, faktor ini meningkatkan risiko infeksi Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, faktor ini meningkatkan risiko infeksi Covid-19

ILUSTRASI. Risiko terinfeksi Covid-19 meningkat pada orang-orang yang ketergantungan marijuanan dan sebagainya. REUTERS/Arnd Wiegmann

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mencegah Virus Corona tak hanya menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Mendapat suntikan vaksin Covid-19 juga bisa melindungi tubuh Anda dari penyakit tersebut. Namun, bukan berarti tubuh Anda menjadi kebal terhadap Virus Corona, ya.

Meski jarang terjadi, Anda tetap bisa terinfeksi Covid-19. Meski demikian, gejala Covid-19 yang Anda alami tak terlalu parah. Bahkan, Anda bisa tidak mengalami ciri-ciri Virus Corona apa pun. Risiko kematian dan kebutuhan perawatan rumah sakit pun berkurang karena vaksin.

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa bertindak seenaknya setelah divaksin. Ada beberapa faktor yang membuat Anda cukup berisiko terinfeksi Covid-19. Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), varian Virus Corona yang lebih ganas dan mudah menyebar menyebabkan Anda rentan terinfeksi.

Baca Juga: Protokol kesehatan dan sistem buble wajib diterapkan di ajang PON 2021

Faktor lain yang memengaruhi kemungkinan Anda terinfeksi Virus Corona adalah sistem imun tubuh. Jika sistem imun tubuh Anda sedang lemah atau Anda memiliki masalah tertentu yang berkaitan dengan sistem imun tubuh, Anda rentan terinfeksi Covid-19.

Jenis vaksin dan waktu vaksinasi yang Anda lakukan pun berpengaruh pada kekuatan tubuh Anda menghadapi paparan Virus Corona. Tidak berhenti sampai di situ, penggunaan senyawa tertentu juga memiliki pengaruhnya pada kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Aturan perjalanan penumpang pesawat terbang rute internasional diubah, ini lengkapnya

Melansir E Times, orang-orang yang ketergantuangan marijuana, alkohol, kokain dan senyawa lain memiliki risiko terinfeksi Covid-19 lebih tinggi, yaitu hingga 8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas vaksin Covid-19 menurun pada orang-orang tersebut.

Supaya tubuh tetap sehat, cobalah untuk menghindari hal-hal tersebut, ya. Jangan lupa pula untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Saat pergi ke luar rumah, selalu pakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan selalu jaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: 9 Cara melakukan disinfeksi rumah yang benar untuk mencegah penularan Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru