kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!


Sabtu, 21 Januari 2023 / 16:15 WIB
Catat 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat biji adas untuk kesehatan yang penting dan menarik untum diketahui. Meski tidak terlalu populer, manfaat biji adas tidak perlu diragukan.

Meski tidak sepopuler jenis rempah lain seperti kunyit, jahe atau lengkuas, manfaat biji adas tak perlu diragukan.

Biji adas berasal dari tanaman yang biasanya dijadikan sebagai aromaterapi karena mempunyai wangi khas yang kuat. Tanaman ini memiliki warna hijau dan putih dengan bunga berwarna kuning yang cantik.

Baca Juga: Selain Manis, Kenali 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Umumnya, biji adas kerap kali diolah menjadi berbagai ramuan obat herbal, minyak essensial, hingga bumbu masakan. Namun, sayangnya masih belum banyak yang tahu begitu banyaknya manfaat yang didapatkan dari biji adas. 

Penasaran apa saja manfaat dari biji adas?

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat biji adas yang perlu Anda ketahui: 

1. Mengatasi Sembelit

Biji adas juga dapat dijadikan teh yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat mengkonsumsi teh biji adas mampu melancarkan sistem pencernaan Anda sehingga dapar terhindar dari sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengurangi Gejala Asma

Biji adas dan kandungan fitonutriennya membantu membersihkan sinus. Sinus adalah suatu kondisi di mana rongga di sekitar saluran hidung menjadi meradang. Dengan mengkonsumsi teh biji adas bagus untuk membantu mengurangi gejala bronkitis, asma dan batuk karena mereka memiliki sifat ekspektoran.

3. Membersihkan Darah

Minyak atsiri dan serat dalam biji adas dianggap sangat berguna untuk membuang racun dan kotoran dari tubuh kita, sehingga membantu membersihkan darah. Oleh sebab itu, penting untuk memasukkan biji adas dalam diet Anda untuk membantu membersihkan darah Anda serta memastikan penyerapan nutrisi yang lancar.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Cocok Untuk Meningkatkan Sperma

4. Meningkatkan Penglihatan

Segenggam biji adas juga bisa memberikan keajaiban bagi penglihatan Anda. Biji adas mengandung Vitamin A yang penting untuk penglihatan. Di India kuno, ekstrak biji ini digunakan untuk memperbaiki gejala glaukoma.

5. Mengatasi Jerawat

Ketika biji adas dimakan secara teratur, mereka memberi tubuh mineral berharga seperti seng, kalsium dan selenium. Mineral ini sangat membantu untuk menyeimbangkan hormon dan membantu keseimbangan oksigen. 

Saat dikonsumsi, biji adas memiliki efek mendinginkan pada kulit, sehingga memberikan cahaya yang sehat dan mampu mengatasi jerawat.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Usus Buntu yang Perlu Diketahui, Bisa Bermula Dari Sembelit

6. Menjauhkan Kanker

Biji adas juga memiliki sifat penangkal radikal bebas yang sangat kuat yang membantu mengalahkan stres oksidatif dan melindungi tubuh dari berbagai kanker kulit, perut dan payudara. 

Biji adas juga memiliki efek modulasi kemoterapi yang sangat kuat. Dilansir dari NDTV, biji adas dianggap sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

7. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Salah satu manfaat mengkonsumsi biji adas adalah mampu mengatur tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, menemukan bahwa mengunyah biji adas membantu meningkatkan kandungan nitrit dalam air liur, menjadikannya cara alami yang bagus untuk menjaga tingkat tekanan darah. 

Selain itu, biji adas juga merupakan sumber potasium yang sangat kaya. Potasium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, ini membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×