kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Rabu, 07 Desember 2022 / 16:03 WIB
Catat 6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat tomat untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui. Pasalnya, mengkonsumsi tomat mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tomat berasal dari kandungan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Biasanya, tomat dikonsumsi lansung atau diolah seperti menjadi jus dan lain-lain.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam tomat seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, mineral dan lain sebagainya. Oleh karena tidak jarang banyak orang yang mengkonsumsi tomat karena segudang manfaatnya itu.

Baca Juga: Belanda vs Argentina Tayang 02.00 WIB, Jadwal dan Top Skor Piala Dunia 2022

Merangkum dari Health, ada beberapa manfaat tomat yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah: 

1. Baik Untuk Pencernaan 

Manfaat tomat yang pertama adalah baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung banyak serat yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

2. Mencegah Kanker

Tomat juga memiliki manfaat yang mampu bantu mencegah tumbuhnya sel-sel jahat salah satunya kanker. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung likopen yang mampu mencegah pertumbuhan sel jahat tersebut.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan, Yuk Cek!

3. Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat tomat lainnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, tomat mengandung banyak nutrisi dan kaya akan serat yang mana mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 

4. Menurunkan Risiko Diabetes 

Tidak hanya itu tomat juga mempunya manfaat yang bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Pasalnya, kandungan-kandungan dalam tomat bisa menurunkan kadar gula darah sehingga risiko diabtes bisa tercegah.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan, Ayo Catat!

5. Menjaga Kesehatan Mata 

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi tomat. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung likopen yang bisa menjaga kesehatan mata secara alami. 

Manfaat tomat bagi kesehatan mata juga didapatkan dari kandungan-kandungan nutrisi di dalamnya yang dipercaya mampu melindungi mata dari berrbagai penyakit.

Baca Juga: Cara Membuat Instafest Spotify Berisi Line Up Festival Musik yang Viral di Instagram

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat terakhir adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Manfaat tersebut masih berasal dari kandungan dalam tomat yaitu berbagai nutrisi baik dan likopen. 

Itu beberapa manfaat tomat yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Namun, agar manfaat tomat lebih maksimal tidak ada salahny untuk berkonsultasi dengan dokter supaya dapat meminimalisir efek samping dan memaksimalkan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×