Catat! 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Senin, 07 November 2022 | 15:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat! 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat seks untuk kesehatan.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat seks untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Pasalnya, seks adalah hal yang bermanfaat untuk kesehatan dan penting untuk diketahui supaya tidak menjadi hal yang tabu.

Cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rutin berhubungan seks baik untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan berhubungan seks dapat melepas hormon endorfin dan seratonin.

Hal tersebut akan bermanfaat untun kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menimbulkan perasaan senang dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja manfaat seks untuk kesehatan?

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan, Catat!

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa manfaat seks untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melakukan seks secara rutin dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang sudah dikatakan di atas seks dapat membantu menurunkan tekanan darah oleh sebab itu mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di American Journal of Cardiology menemukan bahwa pria yang berhubungan seks dua kali seminggu atau lebih memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung, dibandingkan mereka yang berhubungan seks sebulan sekali atau kurang.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengurangi Stres

Seks mempunyai manfaat yang dapat menghilangkan stres dengan meningkatkan endorfin dan hormon lain yang meningkatkan mood. Sebagai bentuk latihan, seks setidaknya dapat membuat Anda menjadi lebih tenang.

Selain itu, sebuah penelitian di Skotlandia yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology menemukan bahwa aktivitas seksual mencegah peningkatan tekanan darah selama peristiwa yang membuat stres. 

3. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Perlu Anda ketahui seks juga dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Desember 2016 di jurnal European Urology menemukan bahwa pria yang ejakulasi lebih dari 21 kali per bulan, dibandingkan dengan mereka yang melakukannya empat hingga tujuh kali per bulan, 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker prostat.

Baca Juga: Top Skor Liga Inggris: Haaland Tambah Gol Usai Man City Kalahkan Fulham

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur berkualitas adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan seks. Pasalnya, seks mampu melepaskan hormon tertentu yang dapat membuat tidur Anda cenderung lebih nyenyak.

Menurut National Sleep Foundation, orgasme melepaskan hormon prolaktin, yang dapat membantu Anda merasa mengantuk dan rileks. 

5. Mempererat Hubungan

Seks cukup populer diketahui dapat mempererat suatu hubungan. Tidak heran, pasalnya berhubungan seksual mampu membuat suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia, apalagi jika dilakukan dengan orang yang kita sayangi.

Baca Juga: Klasemen Liga Italia Serie A: Napoli Masih Kokoh di Puncak Usai Kalahkan Atalanta 1-2

6. Mencerahkan Kulit

Seks juga dapat mencerahkan dan membuat kulit glowing loh. Pasalnya, seks membuat aliran darah di bawah kulit lebih lancar sehingga membuat kulit tampak cerah. Oleh sebab itu, melakukan seks secara rutin dapat membuat Anda tampak lebih awet muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru