kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   11.000   0,73%
  • USD/IDR 15.511   28,00   0,18%
  • IDX 7.760   25,02   0,32%
  • KOMPAS100 1.205   3,50   0,29%
  • LQ45 961   2,42   0,25%
  • ISSI 234   1,13   0,48%
  • IDX30 494   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 593   1,74   0,29%
  • IDX80 137   0,38   0,27%
  • IDXV30 142   -0,50   -0,35%
  • IDXQ30 164   0,08   0,05%

Catat 6 Makanan untuk Memperbaiki Kesuburan Wanita dan Pria


Minggu, 20 Oktober 2024 / 06:25 WIB
Catat 6 Makanan untuk Memperbaiki Kesuburan Wanita dan Pria
ILUSTRASI. Kacang Kenari


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat daftar makanan yang bermanfaat untuk kesehatan reproduksi pria dan wanita. Memilih makanan sehat dan tepat sangat penting bagi pasangan yang ingin meningkatkan kesuburan.

Baik pria maupun wanita, makanan memainkan peran yang signifikan dalam mempengaruhi fertilitas. Fertilitas adalah kemampuan seseorang atau pasangan untuk hamil secara alami, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kesehatan reproduksi, kualitas sperma, ovulasi yang tepat, dan keseimbangan hormonal yang baik.

Oleh karena itu, meningkatkan fertilitas sering kali menjadi perhatian bagi pasangan yang berusaha untuk hamil atau yang menghadapi kesulitan dalam mencapai kehamilan.

Baca Juga: Apa Itu Kesehatan Reproduksi Remaja dan Bagaimana Cara Menjaganya?

Makanan untuk kesuburan

Sperma

Untuk pria, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti omega-3 dari ikan, vitamin E dari kacang-kacangan, dan likopen dari tomat dapat meningkatkan kualitas sperma dan memperbaiki motilitasnya.

Sementara itu, wanita dapat mendukung kesuburan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan dan lentil, yang membantu dalam regulasi hormon. Selain itu, asupan makanan kaya folat seperti sayuran hijau dan biji-bijian sangat penting untuk mendukung perkembangan embrio yang sehat.

Dengan demikian, penting untuk memiliki daftar makanan yang dapat meningkatkan kesuburan serta kesehatan reproduksi bagi pria dan wanita.

Informasi rekomendasi makanan ini teruji oleh penelitian yang dilakukan oleh University California Los Angeles atau UCLA.

Tonton: 5 Manfaat Minum Air Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

1. Kacang kenari

Kenari adalah camilan yang praktis yang meningkatkan ovulasi dan menjaga kesehatan reproduksi pria terutama kualitas sperma. Jenis kacang ini kaya akan asam lemak omega-3, yang meningkatkan peluang untuk hamil.

Selain itu, kenari mengandung vitamin E, antioksidan yang mendukung jumlah dan mobilitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kenari (sekitar 42 gram) setiap hari selama tiga bulan dapat menghasilkan sperma yang lebih sehat.

2. Kacang-kacangan dan lentil

Kacang-kacangan dan lentil adalah sumber spermidin, poliamin yang terkait dengan kesuburan. Makanan ini juga kaya akan folat, yang dikaitkan dengan peningkatan tingkat implantasi dan kualitas sperma yang lebih baik.

Protein nabati dari kacang-kacangan dan lentil juga dapat mengurangi risiko infertilitas akibat masalah ovulasi pada wanita.

3. Ikan sarden dan salmon

Makanan laut seperti sarden dan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang mendukung kesuburan. Namun, penting untuk memilih makanan laut dengan kadar merkuri rendah untuk menghindari potensi efek negatif pada kesuburan dan siklus menstruasi.

Dalam menyeimbangkan kandungan omega-3 yang tinggi dengan kadar merkuri rendah dapat berkontribusi pada hasil kesuburan yang lebih baik bagi pasangan.

Sajian Ikan Sarden

4. Buah citrus

Buah-buahan citrus kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan reproduksi pria terutama dalam memproduksi sperma. Buah ini juga mengandung poliamin, senyawa penting untuk proses reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Beberapa buah citrus lain yang kaya akan poliamin antara lain jeruk grapefruit, lemon, jeruk, dan jeruk mandarin.

5. Tomat

Kemudian, ada tomat yang tinggi akan vitamin A dan C, dan juga mengandung likopen, fitokimia yang dikenal meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Memasak tomat dapat meningkatkan kandungan likopen, membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Bahkan waktu memasak yang singkat secara signifikan meningkatkan kadar likopen, membuat tomat yang dimasak menjadi tambahan berharga dalam program kehamilan.

6. Produk susu

Baca Juga: Normalnya Asam Urat Wanita & Pria, Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa Saja?

Produk susu tinggi lemak, seperti keju, kaya akan vitamin A, E, dan D. Olahan susu lain juga mengandung kadar poliamin yang tinggi, terutama keju keras.

Beberapa penelitian menyarankan adanya hubungan antara konsumsi produk susu tinggi lemak dan risiko infertilitas ovarium yang berkurang pada wanita.

Demikian penjelasan terkait rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi pria maupun wanita yang dapat dicoba saat merencanakan kehamilan.

Selanjutnya: Pelantikan Prabowo - Gibran mulai pukul 10.00 wib, Ini Daftar Acara & Link Streaming

Menarik Dibaca: Langsung Redeem Gift Code Ojol The Game 20 Oktober 2024 Terbaru Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×