kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! 5 Pantangan Penderita Amandel yang Harus Dihindari


Jumat, 17 Juni 2022 / 11:57 WIB
Catat! 5 Pantangan Penderita Amandel yang Harus Dihindari
ILUSTRASI. Pantangan penderita amandel.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penderita amandel harus mengetahui beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari. Pasalnya, amandel tidak boleh dianggap sepele, karena jika dibiarkan akan berdampak buruk selain menimbulkan rasa sakit saat menelan.

Selain menghindari pantangan, amandel juga tidak boleh dibiarkan dan harus segera dilakukan pengobatan. Pasalnya, jika amandel sudah parah, bahkan bisa mengharuskan penderitanya masuk ke ruang operasi. 

Untuk itu, salah satu hal kecil yang bisa dilakukan namun sangat bermanfaat menurunkan risiko amandel adalah dengan menghindari beberapa pantangan. 

Baca Juga: Hide Story IG, Begini Cara Menyembunyikan Instagram Stories dari Orang Lain

Dilansir dari Oladoc, berikut beberapa pantangan penderita amandel yang perlu diwaspadai. 

Gorengan 

Gorengan adalah makanan yang mengandung banyak minyak. Tentu hal tersebut merupakan pantangan amandel yang harus dihindari. 

Pasalnya, makanan berminyak dapat memperburuk kondisi amandel dan dapat menimbulkan radang tenggorokan. 

Makanan Pedas 

Selain makanan berminyak, makanan pedas juga pantangan bagi penderita amandel. Pasalnya, makanan pedas dapat memperburuk kondisi amandel sehingga menjadi makanan yang wajib dihindari. 

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!

Alkohol 

Jika Anda menderita amandel, minuman beralkohol harus sangat dihindari karena menjadi salah satu pantangan. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengurangi produksi air ludah yang membuat mulut dan tenggorokan menjadi lebih kering. 

Kondisi tersebut dapat memperburuk radang amandel. Selain alkohol, kafein dan gula juga harus Anda hindari.

Produk Olahan Susu

Pantangan bagi penderita amandel selanjutnya adalah menghindari berbagai produk olahan susu. Sama seperti kuning telur, produk olahan susu juga dapat meningkatkan produksi lendir yang bisa memperburuk amandel. 

Selain itu, kandungan kasein dalam produk olahan susu juga dapat meningkatkam bakteri yang menjadi penyebab benjolan di tenggorokan. 

Baca Juga: 3 Manfaat Orgasme Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Kuning Telur 

Bagi Anda yang menyukai telur, namun menderita amandel harus lebih bersabar. Pasalnya, kuning telur merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan produksi lendir. 

Untuk mengatasi pantangan tersebut, Anda masih bisa mengkonsumsi putih telur untuk sementara waktu sampai amandel Anda sembuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×