Catat 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Obat Jerawat

Selasa, 20 Desember 2022 | 12:14 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Obat Jerawat

ILUSTRASI. Manfaat Cuka apel untuk kesehatan kulit.


KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit yang menarik dan penting untuk diketahui. Pasalnya, menjaga kesehatan kulit adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Saking mempunyai banyak manfaat, cuka apel kerap dijadikan bahan alami dan diolah menjadi berbagai produk kecantikan yang dijual di pasaran.

Hal tersebut dikarenakan cuka apel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Sehingga tak heran cuka apel sering digunakan untuk perawat kulit wajah.

Baca Juga: Prediksi Persija Jakarta vs Dewa United dan Jadwal BRI Liga 1 Pekan 16

Beberapa kandungan dalam cuka apel yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah di antaranya seperti asam asetat, asam amino, mineral, vitamin dan berbagai jenis nutrisi lainnya. 

Lantas apa saja manfaat cuka apel untuk wajah? 

Melansir dari NDTV, berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit wajah yang perlu Anda ketahui: 

1. Obat Jerawat 

Selain dapat menurunkan risiko munculnya jerawat, cuka apel juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk dijadikan obat jerawat. Hal tersebut dikarenakan cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang mampu menyingkirkan bakteri dan berbagai jenis kotoran yang menempel di pori-pori.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 16 Ada Barito Putera vs Bhayangkara FC

2. Toner 

Manfaat cuka apel lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai toner. Penggunakan cuka apel secara rutin mampu melancarkan aliran darah, menyeimbangkan pH kulit serta juga dapat mengecilkan pori-pori. Dengan banyaknya manfaat tersebut tak hera cuka apel digunakan sebagai bahan alami untuk perawat berbagai jenis kulit wajah. 

3. Mengurangi Wajah Berminyak 

Wajah berminyak adalah salah satu masalah yang kerap dialami seseorang yang mempunyai kulit sensitif. Melakukan perawatan menggunakan cuka apel bisa dijadikan opsi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pasalnya, cuka apel mampu membantu mengontrol produksi minyak di wajah serta menurunkan risiko munculnya jerawat. 

Baca Juga: Prediksi Arema FC vs Madura United dan Jadwal BRI Liga 1 Pekan 16

4. Mengatasi Tanda Penuaan 

Menggunakan cuka apel sangat bermanfaat untuk wajah mengatasi tanda-tanda penuaan. Pasalnya, cuka apel mampu menghilangkan flek hitam beserta tanda-tanda penuaan lainnya. 

Selain itu, penggunaan cuka apel juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. 

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Jaboticaba Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

5. Mengatasi Sunburn 

Sunburn adalah kondisi di mana wajah terbakar akibat paparan sinar matahari. Lantas, penggunaan cuka apel disebut-sebut dapat mempercepat penyembuhan akibat sunburn. Selain itu kandungan dalam cuka apel juga baik untuk kesehatan kulit, termasuk wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru