kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 5 Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Jumat, 20 Januari 2023 / 14:58 WIB
Catat 5 Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah raspberry untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah raspberry untuk kesehatan nampaknya masih asing dan tidak sepopuler jenis buah lainnya. Padahal, buah rashberry menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam buah raspberry di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin A, serat, protein, kalsium, kalium dan berbagai nutrisi lainnya. Semua kandungan nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga tak heran mengkonsumsi buah raspberry memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu buah raspberry juga memiliki rasa manis yang enak untuk dikonsumsi langsung.

Baca Juga: Selain Manis, Kenali 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, sayang jika Anda belum pernah mencoba mengkonsumsi buah raspberry langsung melihat rasa yang lezat dan manfaat yang melimpah.

Lalu apa saja manfaat buah raspberry untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, ada beberapa manfaat buah raspberry untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat mengkonsumi buah raspberry adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi sangat efektif mengontrol gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ketika buah raspberry dikonsumsi bersama diet tinggi lemak, hal tersebut membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan respons insulin. 

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengurangi Risiko Kanker

Buah raspberry kaya akan antioksidan yang efektif melindungi dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker tertentu. Seperti kanker usus besar, payudara dan hati. Namun, dibutuhkna penelitian lebih lanjutnya untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut.

3. Meredakan Radang Sendi

Buah raspberry juga mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, salah satunya anthocyanin. Senyawa tersebut efektif untuk mengurangi dan meredakan radang sendi.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Cocok Untuk Meningkatkan Sperma

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Mengkonsumsi buah raspberry juga baik untuk kesehatan kulit, salah satunya mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal tersebut dikarenakan buah raspberry mengandung banyak senyawa polifenol, vitamin C yang penting untuk memproduksi kolagen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Melindungi dari Sindrom Metabolik

Manfaat buah raspberry yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu melindungi Anda dari Sindrom Metabolik atau kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, pastikan jangan mengkonsumsi buah raspberry secara berlebihan untuk menghindari efek samping dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×