Catat! 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Perlu Anda Ketahui

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat! 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Perlu Anda Ketahui


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Paru-paru adalah bagian organ tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan yang juga berfungsi menukarkan oksigen dengan karbondioksida. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru penting untuk dilakuakn.

Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubub yang harus dijaga kesehatannya. Pasalnya jika terkena masalah, penyakit paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak. 

Sama seperti organ tubuh lainnya, seiring berjalannya waktu kinerja atau fungsi paru-paru akan semakin menurun. Hal tersebut akan berdampak sistem pernapasan akan tergantung. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan paru-paru sedari dini. 

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Mudah Lewat TikMate, Gratis!

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan, di antaranya: 
 
Jangan atau Berhenti Merokok

Memilih untuk tidak atau berhenti merokok adalah salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru. Bahkan, itu bukan satu-satunya penyakit yang bisa ditimbulkannya. Faktanya, merokok dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru-paru, termasuk COPD, fibrosis paru idiopatik, dan asma. 

Latihan Bernapas dengan Olahraga

Selain menghindari rokok, latihan bernapas dengan berolahraga secara teratur mungkin adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Sama seperti olahraga membuat tubuh Anda tetap bugar, itu juga menjaga paru-paru Anda tetap bugar.

Saat Anda berolahraga, jantung Anda berdetak lebih cepat dan paru-paru Anda bekerja lebih keras. Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot Anda. Paru-paru Anda meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen itu sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan. Hal tersebut membuat otot-otot dan kesehatan paru-paru menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Perlu Anda Ketahui, Catat!

Menghindari Polusi Udara

Polusi di udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Meski, saat muda paru-paru dapat menangkal berbagai racun yang disebabkan polusi, beda halnya saat usia kian menua. Oleh sebab itu, menghindari polusi udara merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting untuk dilakukan jika Anda serius ingin menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan contohnya dengan meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan. 

Pasalnya, jika kebersihan tidak terjaga akan meningkatkan risiko infeksi yang notabene berbahaya untuk kesehatan paru-paru.

Baca Juga: Mampu Melancarkan Pencernaan, Kenali 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Lainnya

Bernapas Dalam-dalam

Perlu Anda ketahui, bernapas dalam-dalam dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru loh. Pasalnya, pernapasan dalam membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen penuh. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih rileks dan menghilangkan sedikit stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru