kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, 5 Cara Mengontrol Diabetes Tipe 2 yang Bisa Anda Lakukan


Selasa, 20 September 2022 / 14:01 WIB
Catat, 5 Cara Mengontrol Diabetes Tipe 2 yang Bisa Anda Lakukan
ILUSTRASI. Cara mengontrol diabetes tipe 2 yang bisa Anda lakukan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada beberapa cara mengontrol diabetes tipe 2 yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jika Anda melakukan berbagai aktivitas fisik, itu bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan menjaga tingkat stres, selain untuk mengontrol diabetes tipe 2 yang diidap. 

Tak cuma melakukan aktivitas fisik, mengontrol diabetes tipe 2 juga bisa Anda lakukan dengan menjaga asupan makanan. Hindari makanan-makanan yang tidak sehat. 

Baca Juga: Klasemen Liga Inggris: Arsenal Masih Jadi Pemucak Klasemen Sementara

Tapi, sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter, agar Anda mengetahui bagaimana perkembangan penyakit diabetes Anda setelah melakukan berbagai cara.

Terdapat beberapa cara mengontrol diabetes tipe 2 yang bisa Anda lakukan yang dilansir dari Healthline, di antaranya: 

1. Bergerak saat istirahat kerja

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk menghabiskan banyak waktu di depan komputer, bergerak saat jam istirahat adalah salah satu cara kecil mengontrol penyakit diabetes tipe 2. 

2. Jalan-jalan setelah makan

Jalan-jalan setelah makan adalah cara lain mengontrol diabetes tipe 2 yang bisa Anda lakukan. Pasalnya, jalan-jalan akan membatu mencerna makanan dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Selain itu, berjalan kaki adalah solusi jika Anda mungkin berpikir tidak punya waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari, seperti yang direkomendasikan oleh kebanyakan dokter.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Anemia yang Kerap Luput Dari Perhatian, Simak!

3. Berkebun 

Berkebun memerlukan banyak aktivitas fisik seperti menggali, mencabut rumput liar, membalik kompos, mengangkat kantong besar mulsa, atau mendorong mesin pemotong rumput. Kegiatan ini bisa menjadi opsi lain mengontrol diabetes tipe 2 yang Anda alami.

Berada di luar di bawah sinar matahari juga memberi Anda dorongan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. 

Ambil langkah tambahan untuk menanam sayuran dan rempah-rempah Anda sendiri di kebun Anda. Kegiatan itu menyenangkan, bermanfaat, serta sangat bermanfaat untuk diet Anda. 

4. Olahraga dengan menonton video

Di era yang sudah hampir serba digital kini Anda bisa berolahraga di rumah hanya dengan menonton video melalui smartphone. Olahraga adalah cara efektif mengontrol diabetes tipe 2 dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: SSSTikTok dan Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis

5. Pergi mendaki

Mendaki merupakan cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol diabetes. Selain itu, mendaki juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan jauh dari stres setelah melihat indahnya pemandangan serta udara segar.

Itulah beberapa cara mengontrol diabetes yang mudah dilakukan. Meski demikian, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar tidak memperburuk kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×