Catat! 5 Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Booster Covid-19

Jumat, 29 April 2022 | 06:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat! 5 Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Booster Covid-19

ILUSTRASI. Petugas vaksinator menunjukkan vaksin penguat atau booster di gerai layanan vaksinasi COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (21/4/2022). ANTARA FOTO/Rahmad/foc..


KONTAN.CO.ID - Menjelang mudik lebaran 2022 masyarakat dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan vaksin booster Covid-19 terlebih dahulu. Agar tidak menggangu perjalanan ada beberapa cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19. 

Pada dasarnya mengalami efek samping setelah melakukan vaksin booster Covid-19 adalah hal yang wajar. Biasa beberapa orang setelah di vaksin akan mengalami pegal, nyeri otot, mual, pusing, demam dan lain-lain. 

Akan tetapi efek samping tersebut tidak dialami setiap orang yang mendapatkan vaksin. Bahkan ada juga orang yang tidak merasakan efek samping sama sekali setelah mendapatkan vaksin booster Covid-19. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Coba 6 Bahan Alami Ini

Melansir dari Eating Well terdapat beberapa cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19. Caranya adalah sebagai berikut: 

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19 adalah dengan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap fit sebelum dan setelah melakukan vaksin. 

"Istirahat yang cukup dan tidur nyenyak pada malam sebelum vaksin," kata Dr. Nicholas Pantaleo, M.D., seorang dokter penyakit dalam dan praktisi pengobatan keluarga di Westmed Medical Group di Westchester, New York di Eating Well.

Menjaga Asupan Cairan

Menjaga asupan cairan tubuh juga penting dan menjadi salah satu cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19. Anda bisa memperbanyak minum air putih sebelum melakukan vaksin. 

Kompres dengan Es 

Cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19 selanjutnya adalah dengan mengompres bagian lengan dengan es jika mengalami pembengkakan. Pasalnya, hal tersebut dapat membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. 

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Booster Kimia Farma 2022, Cek Tanggal dan Persyaratannya

Terus Bergerak

Rekomendasi cara mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19 bisa dengan cara terus bergerak atau melakukan aktivitas ringan. Hal tersebut bisa mempercepat hilangnya rasa nyeri.

"Gerakkan lengan yang disuntikkan di bahu sesering mungkin untuk mencegah rasa sakit atau nyeri lebih lanjut," kata Pantaleo di Eating Well.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri 

Mengkonsumsi obat pereda nyeri merupakan cara terakhir mengatasi efek samping vaksin booster Covid-19 sehingga tidak mengganggu Anda. Namun, perlu diperhatikan Anda hanya boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri sesuai dengan anjuran dokter supaya tidak terjadi efek samping lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru