kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! 5 buah yang efektif menghilangkan gejala dan menurunkan asam lambung tinggi


Jumat, 10 September 2021 / 11:18 WIB
Catat! 5 buah yang efektif menghilangkan gejala dan menurunkan asam lambung tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu gejala asam lambung naik adalah heartburn. Ini 5 buah yang efektif menghilangkan gejala dan menurunkan asam lambung naik.  

Asam lambung, penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat. Gangguan pencernaan ini muncul karena dipengaruhi banyak hal beberapa diantaranya seperti Konsumsi alkohol, merokok, stres, konsumsi makanan pedas dan berlemak, obesitas, konsumsi minuman berkarbonasi, kopi, dan teh. 

Baca Juga: Wedang asam jawa berkhasiat mengobati batuk

Salah satu gejala naiknya kadar asam lambung adalah heartburn alias dada terasa terbakar. Kondisi ini terjadi karena adanya iritasi lapisan pipa makanan. 

Mengutip dari Food.NDTV.com, Dr Rommel Tickoo, Konsultan Penyakit Dalam Max Super Specialty Hosipital mengatakan asam lambung bisa dihilangkan dengan menghindari makanan pedas, jeruk dan memilih makanan yang membantu menetralisir kelebihan asam.  

"Pilih makanan yang lebih kecil, sebab makanan dengan porsi besar memberi tekanan pada segmen intra-abdominal (LES) memicu asam lambung," tambahnya.  

Rommel juga menyarankan untuk menjaga berat badan. Alasannya, lemak perut ekstra memberi tekanan pada perut sehingga mendorong cairan lambung naik ke kerongkongan.  
Selain itu, asam lambung juga bisa diredakan dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat dan mengandung potasium.  

Berikut 5 buah kaya vitamin dan serat yang bisa menurunkan asam lambung tinggi.  

1. Pisang  

Pisang merupakan sumber potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Kandungan serat dalam pisang bisa meningkatkan pencernaan dan mengurangi refluks.  

2. Pepaya  

Buah tropis yang satu ini dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian masyarakat. Jangan heran, sebab pepaya bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, menjaga kesehatan tulang dan meredakan asma.  

Pepaya mengandung vitamin K, beta karoten, kalsium, dan sumber vitamin A. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang bisa meningkatkan pencernaan serta mengurangi gejala asam lambung.  

3. Semangka  

Buah yang kaya akan air ini mengandung antioksidan, vitamin C, A, dan asam amino. 

Kandungan air dalam semangka bisa membantu melancarkan sistem pencernaan serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga bisa menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung.

4. Apel  

Siapa yang tidak kenal apel. Buah yang populer di dunia ini mengandung vitamin A, C, D, B-16, B-12, kalisum, zat besi, dan magnesium.  

Kandungan dalam buah apel tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membuat buang air besar menjadi teratur.  

Yang terpenting, apel bisa mengurangi kadar asam di dalam perut serfta menenangkan perut.  

5. Persik  

Buah persik mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C yang bermanfaat untuk mengobati diabetes, masalah kulit, kanker kolekteral, dan lainnya.  

Buah ini mengandung kadar asam rendah dan baik dikonsumsi penderita asam lambung.

Anda bisa mengonsumsi kelima buah di atas secara bergantian secara rutin, untuk menjaga kadar asam lambung.  

Baca Juga: Kolesterol melonjak naik? Ini 5 wedang herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi

Selanjutnya: Memicu nyeri sendi, ini efek samping tomat untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×