Kesehatan Umum

Catat, 4 fungsi vitamin K ini tidak boleh Anda abaikan

Kamis, 04 Februari 2021 | 11:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, 4 fungsi vitamin K ini tidak boleh Anda abaikan

ILUSTRASI. Salah satu fungsi vitamin K adalah mengontrol tekanan darah Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin K memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Jika jumlahnya terlalu sedikit, fungsi vitamin K pun tidak akan berjalan secara maksimal. Anda perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis vitamin tersebut agar tetap sehat.

Ada dua jenis vitamin K yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Tiap jenis vitamin K memiliki kegunaannya masing-masing dan bekerja sama untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber vitamin K.

Biasanya, vitamin K1 banyak ditemukan di sayuran hijau. Di sisi lain, Anda bisa menemukan banyak vitamin K2 dari produk hewani. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan itu secara rutin agar kondisi tubuh terjaga dan terhindari dari berbagai penyakit.

Meningkatkan Pembekuan Darah

Salah satu fungsi vitamin K yang utama adalah mampu membekukan darah Anda secara optimal. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pendarahan hebat. Meski demikian, pembekuan darah pada beberapa kasus terjadi lebih cepat. Jadi, Anda harus mengatur jumlah vitamin K agar tetap konstan.

Baca Juga: 4 Pilihan makanan yang mengandung lemak agar tetap sehat

Mebantu Pertumbuhan Tulang

Mengutip dari Health Guide (getroman.com), vitamin K dibutuhkan enzim untuk memproduksi protein yang berguna saat pertumbuhan tulang. Namun, belum bisa dipastikan apakah jenis vitamin tersebut mampu menurunkan risiko patah tulang atau tidak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin K dapat mencegah pengeroposan tulang. Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang memasuki masa menopaise mendapat banyak manfaat dari mengonsumsi suplemen vitamin K secara rutin.

Mengontrol Tekanan Darah

Fungsi vitamin K selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung karena jenis vitamin itu bisa mengontrol tekanan darah Anda. Manfaat itu tentu saja berguna bagi penderita hipertensi. Selain mengontrol tekanan darah, vitamin K pun dapat mengontrol jumlah mineral dalam tubuh.

Baca Juga: Sederet manfaat buah salak untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin

 Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Salah satu fungsi vitamin K adalah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Vitamin K juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, lo. Vitamin K berhubungan dengan kalsifikasi atau proses pengapuran pembuluh darah. Melansir Health Guide, kalsifikasi pada dinding pembuluh darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyakk 300-400%.

Namun, dengan memenuhi jumlah vitamin K yang dibutuhkan tubuh, risiko tersebut bisa menurun. Cobalah untuk mengonsumsi kale, daging sapi, daging ayam, atau sumber vitamin K lain secara rutin. Pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Selanjutnya: Cegah anemia dengan 5 makanan penambah HB ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru