Catat 4 Ciri-Ciri Penyakit Liver yang Penting Untuk Diketahui

Kamis, 24 November 2022 | 11:34 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 4 Ciri-Ciri Penyakit Liver yang Penting Untuk Diketahui

ILUSTRASI. Ciri-ciri penyakit liver.

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa ciri-ciri penyakit liver yang sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penyakit liver tergolong salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena berkaitan dengan salah satu organ vital.

Pasalnya, jika segera ditangani penyakit liver berisiko mengganggu fungsi tubuh lainnya. Serta tidak menutupkan kemungkinan muncul berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Jika Anda mengalami ciri atau gejala penyakit liver, jangan ragu untuk segera memeriksanya ke dokter. Agar dokter bisa segera mendiagnosa dan memberikan penanganan lebih panjut.

Baca Juga: Prediksi Brazil vs Serbia dan Jadwal Piala Dunia 2022

Salah satu ciri umum penyakit liver yang kerap dialami tubuh menguning. Hal tersebut dikarenakan fungsi liver tidak berjalan semestinya, salah satunya racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan karena fungsi liver yang terganggu.

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, simak ciri-ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai: 

1. Pembengkakan Liver

Salah satu ciri-ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai adalah terjadinya pembengkakan liver. Hal tersebut akan menyebabkan liver tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda akan cenderung merasa lebih kenyang dari biasanya.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana Tayang 23.00 WIB

2. Asites

Ciri-ciri penyakit liver selanjutnya adalah asites. Hal tersebut biasanya ditandain dengan peninbunan cairan di liver dan usus yang memenuhi rongga mulut. Alhasil kerap menimbulkan sesak napas yang mungkin Anda alami.

3. Hipertensi Portal

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, hipertensi portal juga menjadi salah satu ciri-ciri penyakit liver yang perlu untuk diwaspadai. Hipertensi portal sendiri adalah tekanan darah tinggi yang berada di pembuluh darah vena yang ada liver. 

Saat Anda mengalami hipertensi portal, pembuluh darah Anda tersumbat sehingga aliran darah dari dan menuju liver menjadi terganggu.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

4. Ensefalopati

Ciri-ciri penyakit liver yang tak boleh terlewatkan yaitu ensefalopati. Ensefalopati adalah kondisi saat fungsi otak dan sistem saraf terganggu akibat terlalu banyak racun di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan karena fungsi liver yang tidak berjalan semestinya. Oleh sebab itu, ensefalopati adalah salah satu ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan
Terbaru