Cari perawatan rambut kering yang efektif? Coba 7 bahan ini

Senin, 08 November 2021 | 09:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari perawatan rambut kering yang efektif? Coba 7 bahan ini

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa Anda jadikan perawatan rambut kering./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut kering terjadi karena tubuh tak memproduksi cukup minyak alami. Jika Anda mengalami masalah itu, tak ada salahnya untuk melakukan perawatan rambut kering dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Selain kondisi dari dalam tubuh, masih banyak faktor lain yang membuat rambut Anda lebih kering. Mulai dari penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi, kondisi cuaca ekstrem, paparan bahan kimia pada rambut, dan lain sebagainya.

Nah, Anda perlu mengatasi penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa bahan alami di bawah ini berguna untuk mempercepat proses perawatan supaya rambut tak lagi kering. Dengan begitu, rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan tumbuh dengan sehat.

Telur, Madu, Alpukat, Minyak Zaitun

Emedi Health (emedihealth.com) menyebutkan bahwa telur efektif mengatasi rambut kering karena kandungan-kandungan di dalamnya. Anda perlu mengocok satu butir dalam wadah terlebih dahulu.

Setelah itu, tambahkan ½ gelas madu, satu sendok alpukat, dan 1 sdm minyak zaitun. Aduk rata kemudian oleskan pada kulit kepala dan seluruh rambut yang sedikit basah. Diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi rambut kering, pakai alpukat dan bahan lain

Minyak Zaitun dan Madu

Gunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut kering.

Perawatan rambut kering juga bisa Anda coba dengan mengombinasikan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdm madu. Apliasikan masker rambut itu selama 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air sampai bersih.

Cuka Apel

Tahukah Anda bahwa cuka apel dapat digunakan sebagai perawatan rambut kering? Karena kandungan zat asam yang cukup tinggi, Anda perlu mencampur ¼ gelas cuka apel dengan ¾ gelas air terlebih dahulu. Gunakan campuran itu untuk membilas rambut lalu gunakan kondisioner yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Melembabkan, berikut 4 manfaat minyak zaitun untuk wajah

Alpukat, Minyak Kelapa, Yogurt

Perawatan rambut kering bisa pakai alpukat dan bahan alami yang lain.

Mengutip dari Emedi Health, cara mengatasi rambut kering bisa memakai alpukat. Setelah menghaluskan satu alpukat, tambahkan 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm yogurt. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air.

Lidah Buaya, Yogurt, Minyak Kelapa

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Sebelum mengaplikasikannya di rambut, Anda perlu mencampur 4 sdm lidah buaya dengan 3 sdm yogurt dan 2 sdm minyak kelapa. Setelah 30 menit, bilas rambut menggunakan air.

Selanjutnya: 4 Jurus menjaga asmara tetap membara, romantis tiada henti!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru