Cari obat sembelit? Manfaatkan 5 bahan alami ini, yuk

Kamis, 16 September 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari obat sembelit? Manfaatkan 5 bahan alami ini, yuk

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami di sekitar Anda bisa dipakai sebagai obat sembelit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang pernah mengalami sembelit. Tentu saja, obat sembelit perlu Anda konsumsi supaya kondisi itu tak memburuk. Anda tidak perlu bingung. Selain obat apotek, sembelit juga bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan alami.

Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang memicu kemunculan sembelit. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi, efek samping obat, dan pola hidup yang kurang sehat adalah beberapa penyebab sembelit yang dapat terjadi.

Biasanya, seseorang dikatakan mengalami sembelit jika frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Anda juga mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses karena teksturnya yang keras.

Jika terus dibiarkan, sembelit bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental, lo. Maka dari itu, jika sembelit tak kunjung sembuh setelah Anda mengonsumsi makanan dan minuman ini, jangan ragu untuk periksa ke dokter, ya.

Baca Juga: 4 Manfaat daun sirsak, jadi cara meningkatkan imun tubuh

Konsumsi Serat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), sembelit bisa teratasi dengan memperbanyak asupan serat sehari-hari. serat membantu sistem pencernaan bekerja lebih efektif. Dengan begitu, feses menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Minum Kopi

Kopi termasuk salah satu obat sembelit karena mengandung kafein. Menurut sebuah penelitian, kafein mampu menstimulasi otot di saluran pencernaan. Tidak berhenti sampai di situ, kopi juga mengandung jenis serat yang baik untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan secara menyeluruh.

Makan Probiotik

Cara mengobati sembelit lainnya yang layak Anda coba adalah dengan makan probiotik. Medical News Today mengatakan bahwa sembelit bisa terjadi karena ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi probiotik.

Anda bisa mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen. Selain itu, probiotik juga bisa Anda temukan dalam beberapa jenis makanan. Mulai dari yogurt, kimchi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Manfaat petai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui

Konsumsi Prebiotik

Selain probiotik, makanan yang kaya prebiotik juga bisa dijadikan obat sembelit. Prebiotik adalah salah satu jenis serat yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ada banyak jenis makanan yang mengandung prebiotik, misalnya bawang putih, bawang merah, pisang, dan lain-lain.

Air Putih

Minum air putih termasuk salah satu obat sembelit.

Satu hal penting yang tak boleh Anda lupakan jika ingin mengobati sembelit adalah dengan minum banyak air putih. Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, feses atau sisa makanan yang telah dicerna menjadi lebih sulit dikeluarkan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk minum banyak air putih.

Selanjutnya: 8 Minuman ini bisa mengurangi asam lambung naik, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru