kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari cara menghilangkan bruntusan? Coba 4 bahan alami ini


Kamis, 25 Februari 2021 / 08:09 WIB
Cari cara menghilangkan bruntusan? Coba 4 bahan alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jerawat pada umumnya, bruntusan muncul karena pori-pori kulit yang tersumbat. Biasanya, bruntusan muncul di dahi, tapi tak menutup kemungkinan bahwa masalah kulit itu juga muncul di bagian kulit yang lain. Untuk mengatasinya, ada banyak cara menghilangkan bruntusan yang bisa Anda coba.

Pertama, usahakan untuk menghindari penyebab bruntusan. Pori-pori bisa tersumbat karena banyak faktor. Mulai dari produksi minyak berlebih, sisa make up atau debu yang tidak dibersihkan, hingga sel kulit mati yang menumpuk.

Jika faktor-faktor yang berisiko menyebabkan bruntusan sudah Anda atasi, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami tak hanya mengatasi bruntusan secara maksimal, tapi juga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Gula

Alih-alih memakai eksfoliator mahal yang dijual di pasaran, sel kulit mati yang menumpuk bisa Anda bersihkan dengan memanfaatkan gula. 01 Million Health Tips (1mhealthtips.com) merekomendasikan Anda untuk mencampur gula dan air lemon.

Setelah Anda mencampur dua bahan alami itu hingga berbentuk pasta, aplikasikan pada dahi atau bruntusan di area kulit yang lain. Anda bisa menggosokkan campuran itu dengan gerakan memutar secara perlahan selama lima menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Cek 4 bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di pipi

Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan bruntusan adalah dengan baking soda.

Cara menghilangkan bruntusan juga bisa Anda lakukan dengan baking soda, lo. Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Sama seperti gula dan air lemon, gosokkan baking soda pada kulit secara perlahan.

Setelah itu, diamkan dulu selama beberapa menit supaya kotoran dan minyak berlebih bisa benar-benar hilang lalu bilas dengan air dingin. Anda pun dapat mengaplikasikan pasta baking soda sebelum tidur lalu membilasnya di pagi hari setelah bangun.

Baca Juga: 3 Cara mudah membuat masker bibir alami

Putih Telur

01 Million Health Tips menyarankan cara menghilangkan bruntusan dengan putih telur. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan dalam kulkas. Setelah dingin, tambahkan sedikit air lemon lalu kocok sekali lagi kemudian aplikasikan pada kulit. Setelah 10 menit, bilas dengan air hangat.

Pepaya

Selain bahan-bahan di atas, pepaya mentah juga bisa Anda pakai untuk mengatasi bruntusan di kulit. Pertama, parut pepaya mentah lalu gunakan ekstraknya pada wajah Anda. Setelah beberapa menit, bilas dengan air hangat. Cara tersebut akan membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh.

Selanjutnya: Bisa pakai bahan alami, ini 4 rekomendasi pelembab untuk kulit berminyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×